nusabali

Liverpool Juara, Tanpa Degradasi

Usul Bos Brighton untuk Premier League

  • www.nusabali.com-liverpool-juara-tanpa-degradasi

BRIGHTON, NusaBali
Pemilik Brighton and Holve Albion, Tony Bloom tak mempersoalkan Premier League dibatalkan.

Namun, kata Bloom, Liverpool harus dinobatkan sebagai juara dan tidak ada tim yang degradasi. "Saya rasa jika musim tidak dilanjutkan, maka tidak ada tim yang pantas degradasi jika melihat aturan poin per gim," ujar Tony Bloom, dikutip Daily Mail.

Menurut Bloom, bakal ada hitungan yang tidak pas jika seluruh tim tidak apat menuntaskan musim, mungkin akan kehilangan 0,2 poin dari sistem ini. Hitungan itu, kata Bloom, juga tidak melibatkan kekuatan tim yang belum dilawan.

“Anda boleh menahbiskan Liverpool sebagai juaranya, mereka pantas mendapatkannya. Lalu, hitungan itu bisa digunakan untuk menentukan tim yang lolos ke Eropa. Tapi, saya rasa tidak mungkin degradasi karena butuh 70 persen suara setuju,"kata Bloom.

Ya, Liga Inggris bersama liga-liga top Eropa lainnya sedang ditangguhkan karena pandemi virus corona. Sampai saat ini belum diketahui kapan kompetisi akan bergulir mengingat penyebaran virus covid-19 masih masif di Eropa.

Karena itu, klub-klub Liga Inggris dan operator kompetisi terus berdiskusi terkait opsi-opsi yang ada untuk kelanjutan musim 2019/2020. Pasalnya musim tinggal menyisakan 9-10 pertandingan.

Opsi paling mudah adalah membatalkan musim sehingga klub serta pemain bisa fokus menata lagi persiapan untuk musim depan, terutama dari sisi finansial. Tapi, tidak adil untuk Liverpool yang cuma berjarak dua laga menuju titel Premier League pertama lainnya.

Selain itu klub-klub yang kini berada di zona merah seperti Norwich City, Aston Villa, dan Bournemouth harus terdegradasi tanpa perlawanan sama sekali. Maka klub-klub masih bertekad untuk meneruskan musim hingga selesai.

Apalagi ada nilai kontrak besar terkait hak siar yang bisa membantu klub-klub bertahan di tengah badai corona ini. Tapi, jika memang pahitnya musim tidak dilanjutkan, maka harus ada juara serta siapa saja tim yang lolos ke kompetisi Eropa. *

Komentar