nusabali

Jambore dan Kursus Kemahiran Pramuka Ditiadakan

  • www.nusabali.com-jambore-dan-kursus-kemahiran-pramuka-ditiadakan

AMLAPURA, NusaBali
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, menyampaikan pembatalan jambore ranting (jamran) dan jambore cabang (jamcab) tahun 2020.

Jambore tidak mungkin digelar dengan melibatkan banyak peserta saat pandemi virus corona (Covid-19). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) juga ditiadakan.

Gusti Ngurah Kartika, mengatakan jambore bertujuan mempertemukan anggota pramuka penggalang dalam jumlah banyak yang diselenggarakan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka. Jambore juga bertujuan melakukan pembinaan di tingkat gugus depan sebagai ujung tombak pembinaan untuk melatih mental, fisik, mengasah intelektual, kemampuan spiritual, dan kemampuan sosial. “Jambore juga sebagai puncak dari pembinaan selama setahun untuk dievaluasi,” jelas Gusti Ngurah Kartika, Kamis (16/4).

Dikatakan, Jamran dan Jamcab menghadirkan penggalang yang usianya 11-15 tahun dari SD kelas V hingga SMP yang telah memiliki syarat-syarat kecakapan umum dan kecakapan khusus. Gusti Ngurah Kartika yang juga Kadisdik Karangasem menambahkan, Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan juga ditiadakan. Para pembina wajib memiliki sertifikat KMD jika bertugas sebagai pelatih di tingkat gugus depan. Sebelum melatih, perlu dididik untuk dapat pengetahuan lanjutan berupa pengalaman membina. “Jambore, pelatihan KMD dan KML tertunda,” jelas Gusti Ngurah Kartika. *k16

loading...

Komentar