nusabali

Hujan Disertai Angin, Pohon Tumbang Timpa Rumah

  • www.nusabali.com-hujan-disertai-angin-pohon-tumbang-timpa-rumah

MANGUPURA, NusaBali
Hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Kamis (16/4) dini hari mengakibatkan sebatang pohon perindang yang terletak di Perumahan Pudak Sari, Lingkungan Kampial, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, roboh dan menimpa rumah.

Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban luka maupun jiwa. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Badung Ni Nyoman Ermy Setiari, menerangkan insiden pohon tumpang tersebut terjadi pada Kamis dini hari sekitar pukul 04.00 Wita. Saat itu, kondisi di kawasan Nusa Dua, Kuta Selatan sedang diguyur hujan deras serta angin kencang. Akibatnya, pohon perindang yang berusia puluhan tahun itu ambruk dan menimpa rumah milik warga. Beruntung, rumah tersebut tidak ada penghuninya. Selain itu, pohon tersebut juga menimpa kabel listrik serta jalan. “Pohon itu tumbang dikarenakan sudah rapuh dan tidak kuat karena angin kencang itu,” kata Ermy Setiari, Kamis (16/4) siang.

Tumbangnya pohon itu baru dilaporkan warga ke BPBD pada Kamis pukul 08.00 Wita. Setelah menerima laporan, tim BPBD langsung dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penanganan. Selain itu, BPBD juga berkoordinasi dengan PLN terkait penanganan kabel yang terkena imbas pohon tersebut. “Tidak ada korban jiwa dalam insiden pohon tumbang itu. Hanya kabel dan akses jalan saja yang terganggu. Tim yang turun kemudian melakukan pemotongan selama sekitar 30 menit. Akses jalan kemudian bisa digunakan lagi,” ucap Ermy Setiari.

Perihal pohon perindang, diharapkan bisa berkoordinasi dengan pihak Dinas LHK untuk penanganan atau pemangkasan dahan maupun pohon yang sudah mulai rapuh. “Imbauannya kepada masyarakat agar tetap waspada, karena saat ini masih musim hujan. Kondisi cuaca cepat berubah. Untuk itu perlu memperhatikan lokasi atau lingkungan sekitar tempat tinggal,” tutur Ermy Setiari. *dar

loading...

Komentar