nusabali

Bangli Siapkan Klinik dan Hotel untuk PMI

  • www.nusabali.com-bangli-siapkan-klinik-dan-hotel-untuk-pmi

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli siapkan klinik dan hotel untuk karantina Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Rombongan PMI yang tiba di Bangli lebih dulu diarahkan ke klinik di Lingkungan Petak, Kelurahan Bebalang, Bangli. Jika klinik sudah penuh, PMI ini dialihkan ke hotel-hotel yang ada di Bangli. Klinik dan sejumlah hotel di Bangli sudah siap menampung para pekerja migran tersebut.

Ketut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Bangli yang juga Bupati Bangli, I Made Gianyar, mengatakan Pemkab Bangli menyiapkan gedung layanan publik untuk karantina PMI. Rencana awal memanfaatkan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kayuambua, Kecamatan Susut dan Gedung Diklat RSJ Provinsi Bali. Selanjutnya diputuskan memanfatkan klinik dan hotel milik pribadi.

Menurut Bupati Made Gianyar, setiba di Bangli maka PMI langsung diarahkan ke lokasi karantina. “Hari ini ada 29 orang PMI tiba di Bangli. Para PMI langsung mengikuti prosedur karantina di Klinik Pratama Bangli Husada Sejahtera,” ungkapnya, Rabu (15/4). Klinik Pratama Bangli Husada Sejahtera mampu menampung 36 orang. Rombongan PMI berikutnya diarahkan ke Hotel Segara dan Hotel Surya di Kecamatan Kintamani. “Rencana awal lokasi karantina memanfaatkan gedung SKB di Kayuambua dan Gedung Diklat RSJ Provinsi Bali. Dua lokasi ini jadi alternatif jika hotel di Bangli sudah tidak mencukupi menampung PMI,” ujarnya.

Ditegaskan, penyediaan fasilitas karantina PMI juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Bali. Bupati Made Gianyar mengaku telah berkoordinasi dengan Gubernur Bali. “Bapak Gubernur menyampaikan akan ada sharing anggaran. Bapak Gubernur tidak menyebutkan nominal. Untuk anggaran, kami pastikan Bangli sudah siap,” tegasnya. Mengingat estimasi jumlah PMI yang dipulangkan masih cukup banyak, maka diperlukan tambahan lokasi untuk karantina. “Pemerintah akan berupaya yang terbaik, mereka ini penyumbang devisa. Jangan sampai ketika mereka mengalami masalah, kita acuh,” ungkap Bupati Made Gianyar.

Pemkab Bangli akan menempatkan petugas yang standby di lokasi karantina untuk pengamanan PMI. Petugas yang disiagakan yakni TNI/Polri, petugas medis, dan anggota Satgas. “Masing-masing lokasi karantina akan dibangun posko. Ada satgas, anggota TNI/Polri yang akan menjaga PMI selama masa karantina,” tegas Bupati Made Gianyar. *esa

Komentar