nusabali

Selemadeg Timur Siap 4 Vila, Kecamatan Pupuan 1 Penginapan

Tempat Karantina PMI asal Tabanan

  • www.nusabali.com-selemadeg-timur-siap-4-vila-kecamatan-pupuan-1-penginapan

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan tengah berupaya mencari tempat isolasi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar negeri.

Sesuai rapat sebelumnya bahwa karantina dilakukan di masing-masing kecamatan atau desa, karenanya pihak kecamatan tengah melakukan penjajakan. Kecamatan Selemadeg Timur sudah siap 4 vila dan Kecamatan Pupuan sudah siap 1 penginapan.

Camat Selemadeg Timur I Putu Adi Supraja mengaku untuk tempat karantina sudah siap 4 vila. Bahkan sudah ada dua orang PMI yang diisolasi, salah seorang di antaranya sudah melakukan isolasi selama enam hari. “Di Kecamatan Selemadeg Timur sudah siap empat vila,” kata Adi Supraja, Rabu (15/4).

Dikatakannya, dari 4 vila yang sudah disediakan tersebut bisa menampung 15-20 orang PMI. “Sejauh ini pemilik vila mengizinkan. Mereka membantu pemerintah,” imbuh Adi Supraja.

Karena dirasa jumlah PMI yang akan menjalani karantina bertambah, pihaknya sedang melakukan penjajakan vila lain. “Kami sedang menjajaki vila yang lain untuk karantina bagi PMI yang akan tiba,” tegas mantan Sekdis Satpol PP Tabanan, ini.

Menurut Adi Supraja, selama proses karantina tersebut PMI akan diawasi oleh Muspika kecamatan menggandeng petugas kesehatan dari puskesmas, bekerjasama dengan satgas desa adat yang ada di wilayah Selemadeg Timur. “Jadi sifatnya pengawasan terpadu, bukan hanya dari sisi wilayah saja,” katanya.

Bahkan diakui Adi Supraja pengawasan akan diperketat. Jika misalnya keluarga ingin memberikan konsumsi, tidak boleh langsung ke vila. Namun diberikan dari jarak jauh dan diserahkan ke satgas. “Jadi benar-benar akan mendapat pengawasan dan cek kesehatan, dan tidak boleh keluar sembarangan,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Camat Pupuan I Gede Hendra Manik. Saat ini untuk karantina PMI yang pulang ke Tabanan sudah disiapkan satu penginapan. Penginapan yang sudah didapat bisa menampung sekitar 13 orang. “Kami sudah ada 1 penginapan. Mengenai pengawasan, bersinergi," tandasnya. *des

Komentar