nusabali

Stok Darah Menipis, PMI Tabanan Layani Donor Darah di Kantor Lama

  • www.nusabali.com-stok-darah-menipis-pmi-tabanan-layani-donor-darah-di-kantor-lama

TABANAN, NusaBali
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tabanan buka layanan donor darah di kantor lama Jalan Rama Nomor 3A kawasan Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan.

Sementara kantor baru PMI ada di samping RS Nyitdah di Desa Nyitdah, Kecamatan Kediri. Alasan layanan donor darah digelar di kantor lama, karena untuk menghindari kerumunan orang. Biasanya PMI membuka layanan donor darah di lapangan, menunggu orang yang sedang berolahraga. Namun karena sekarang jarang orang berolahraga, layanan tersebut akhirnya digelar di kantor lama.

Donor darah dibuka di kantor lama sebagai upaya memenuhi kebutuhan darah yang langka akibat pandemi Covid-19. Bagi masyarakat yang hendak donor bisa datang langsung dan akan diberikan hand sanitizer.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tabanan dr Nyoman Gede Sumardika, menjelaskan kegiatan donor darah dilakukan guna memenuhi stok darah. Layanan dibuka tiap hari dari pukul 08.00 Wita sampai 13.30 Wita. “Bagi masyarakat yang hendak donor darah dipersilakan, nanti akan dapat hand sanitizer,” ujarnya, Selasa (14/4).

Kata dia donor darah yang dibuka di kantor lama untuk memenuhi stok darah. Sebab sejak pandemi Covid-19 banyak yang membatalkan donor darah. Padahal permintaan darah banyak. “PMI tetap melayani, kebutuhan darah tidak bisa ditunda karena pasien yang membutuhkan darah harus mendapat perhatian,” imbuh dr Sumardika.

Dengan kondisi itulah dibuka donor darah di kantor lama untuk memenuhi permintaan pasien. Bahkan untuk layanan donor darah di BRSU Tabanan tiap hari juga dibuka. Donor darah di BRSU akan dilayani dari pukul 14.00 Wita sampai dengan 20.00 Wita, bahkan di hari libur. “Untuk layanan donor darah di kantor lama akan dibuka selama pandemi Covid-19,” tegas dr Sumardika.

Seperti berita sebelumnya, stok darah per 6 April 2020, untuk darah A jenis Whole Blood (WB) tersedia hanya 4 kantong, jenis Packed Red Cells (PRC) tersedia hanya 5 kantong, dan jenis Thrombocyte Concentrate (TC) tersedia hanya 4 kantong.

Sementara untuk golongan darah B jenis WB tersedia 2 kantong, jenis PRC tersedia 7 kantong, dan darah TC tersedia 1 kantong.

Lalu untuk golongan darah O bisa dibilang sangat menipis. Untuk jenis WB hanya tersedia 3 kantong, jenis PRC tersedia 1 kantong, dan jenis TC kosong alias tidak ada stok.

Dan terakhir adalah darah AB yang juga stoknya sangat terbatas. Untuk jenis darah WB tersedia 2 kantong, untuk jenis PRC hanya 1 kantong, dan jenis TC hanya 1 kantong.  *des

Komentar