nusabali

Program 'Cuci Tangan Berhadiah'

Cara Kwarda Bali Edukasi Cara Cuci Tangan yang Benar

  • www.nusabali.com-program-cuci-tangan-berhadiah

DENPASAR, NusaBali
Ada berbagai cara untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19.

Seperti yang dilakukan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali dengan meluncurkan program ‘Cuci Tangan Berhadiah’. Gerakan ini untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar. Setiap masyarakat yang mencuci tangan dengan cara yang tepat, akan mendapatkan souvenir.

Mencuci tangan yang merupakan bagian dari penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), diyakini menjadi salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Kwarda Bali melalui Satgas Pramuka Peduli Covid-19 Kwarda Bali sekaligus memasang wastafel portable di sejumlah tempat umum, Selasa (14/4). Salah satunya di Jalan Kapten Tantular No 11 Niti Mandala, Denpasar, tepatnya di depan Gedung Pramuka.

Ketua Satgas Pramuka Peduli Covid-19, Mayor Laut (KH) Bagus Partha Wijaya, mengatakan program cuci tangan berhadiah ini terbuka untuk masyarakat umum. Namun setiap peserta harus memenuhi persyaratan, di antaranya menggunakan masker dan menjaga jarak dengan yang lain seperti yang sudah diatur oleh panitia. Hal ini selain mengedukasi PHBS dengan mencuci tangan dengan benar, juga dapat mengedukasi tentang penggunaan masker dan Physical Distancing untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. “Setiap peserta yang mencuci tangan, berhak mendapat kesempatan undian hadiah menarik berupa T-shirt, hand sanitizer, masker, sabun cuci tangan, pin, buff, gelang sport, tumbler dan masih banyak lagi, hanya dengan mencuci tangan saja,” terangnya di sela acara.

Sementara itu dalam pemasangan serta bantuan wastafel portable ini, Kwarda Bali melalui Relawan Pramuka Peduli, bekerjasama dengan beberapa perusahaan sebagai bagian dari upaya mengajak masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Sementara ini wastafel portable baru dipasang di depan Gedung Pramuka Kwarda Bali. Selanjutnya akan diperluas ke tempat-tempat strategis lainnya,” ujar Ketua Kwarda Bali yang sekaligus sebagai Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, I Made Rentin.

Rentin mengajak masyarakat untuk tetap mengikuti arahan, imbauan serta instruksi yang telah dikeluarkan pemerintah untuk kebaikan diri sendiri. Salah satu cara yang paling sederhana yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah membiasakan mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir. “Salah satu kunci agar tidak terkena virus Covid-19 ini ada di tangan. Penyebaran virus ini lebih cepat menjalar melalui tangan yang kotor,” tandasnya.*ind

Komentar