nusabali

Undiksha Siapkan Seleksi Jalur Portofolio dan Esai

  • www.nusabali.com-undiksha-siapkan-seleksi-jalur-portofolio-dan-esai

Seleksi ala penerimaan mahasiswa S2 dan S3 ini dianggap lebih ‘aman’ di saat pandemi Covid-19 belum berlalu.

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja tahun ini menyediakan kuota 3,000 calon mahasiswa baru. Namun seleksi mahasiswa angkatan 2020 ini kemungkinan besar tak dilakukan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 membuat perguruan tinggi di Bali Utara ini menyiapkan seleksi dengan portofolio dan esai.

Wakil Rektor I Undiksha, Dr I Gede Rasben Dantes ST MTI, Senin (13/4) menjelaskan, dari empat jalur penerimaan mahasiswa baru sudah tuntas satu jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) undangan dari pusat.

Di jalur SNMPTN khusus jalur undangan program S1 dengan pertimbangan nilai rapor SMA/SMK terdata 817 calon mahasiswa yang 205 di antaranya melalui Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Namun tiga jalur lainnya, yakni, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Jalur Khusus Undiksha dan Jalur Mandiri yang tahapan seleksinya dimulai Juni mendatang masih menunggu perkembangan Covid-19.

Tiga cara seleksi ini biasanya melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan setiap pelaksanaan akan diikuti 1.000 peserta. Kondisi pengumpulan massa dalam jumlah yang banyak ini disangsikan bisa dilakukan jika situasi Covid-19 belum dinyatakan sudah aman.

Karena itu, lanjut Rasben, Undiksha sudah menyiapkan berbagai macam alternatif sebagaimana mengadopsi seleksi calon mahasiwa S2 dan S3 di luar negeri, dengan menyertakan portofolio hingga esai. “Mirip seperti jalur undangan, buat portofolio, esai terkait Prodi yang dituju, motivasi dan saat lulus mau ngapain dan juga interview akademik dan non akademik, ini sedang dipikirkan oleh pimpinan itu gambaran umumnya,” ungkap dia.*k23

loading...

Komentar