nusabali

BNI Jadi Bank Pembayar Insentif Kartu Prakerja

  • www.nusabali.com-bni-jadi-bank-pembayar-insentif-kartu-prakerja

JAKARTA, NusaBali
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI menjadi bank pembayar insentif pelatihan dan survei serta menjadi penyedia sistem pengelolaan dana program Kartu Prakerja.

"Kami berperan sebagai pengelola aliran dana Kartu Prakerja, pembayaran insentif dan uang survei peserta juga mengelola pembayaran insentif pelatihan," kata Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati di Jakarta, Minggu (12/4).

Menurut dia, sistem pengelolaan dana program itu terintegrasi dengan Project Management Office (PMO) Kartu Pra Kerja dalam mengelola dana insentif agar tersalurkan akurat, efektif, dan efisien. BNI juga menjadi bank yang akan memastikan kebutuhan seluruh pemangku kepentingan dalam penyaluran Kartu Prakerja ini terpenuhi.

Adapun kebutuhan itu, lanjut dia, dalam pembukaan rekening bagi peserta Kartu Prakerja yakni mereka para pencari kerja dan korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Kemudian, bank BUMN ini berperan membukakan rekening bagi lembaga atau balai pelatihan, yaitu Balai Latihan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN), dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).

Selain itu, membukakan rekening marketplace dan perusahaan pembayaran digital yang menjadi mitra kerja pemerintah dalam menyalurkan insentif Kartu Prakerja. Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program ini diharapkan juga membantu kelompok yang terdampak wabah virus Corona jenis baru atau Covid-19. Untuk mengikuti program ini, masyarakat harus mendaftar situs resmi program, yaitu www.prakerja.go.id dan nanti ada persetujuan dari PMO.

Apabila pendaftar sudah disetujui sebagai peserta Program Kartu Prakerja, pembayaran insentif pelatihan dan uang survei dapat dilakukan melalui rekening BNI, atau OVO, dan Link Aja.

Pembayaran insentif dilakukan setelah peserta menyelesaikan proses pelatihan atau kursusnya. Sebagai mitra resmi dalam program Kartu Prakerja, BNI menyelenggarakan sistem pengeloaan dana, melakukan pembayaran manfaat untuk marketplace, pembayaran insentif peserta, hingga pembayaran ke BLK dan LPK. "Kami juga memberikan kemudahan kepada para pencari kerja yang belum memiliki rekening dengan berbagai kemudahan dan penawaran khusus," ujarnya.*ant

Komentar