nusabali

Camat Bubarkan Pedagang di Pantai Saba

  • www.nusabali.com-camat-bubarkan-pedagang-di-pantai-saba

GIANYAR, NusaBali
Pemerintah Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, bersama Satpol PP Gianyar menertibkan pedagang dan pengunjung di Pantai Pering dan Pantai Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Minggu (12/4).

Langkah ini menyusul banyaknya warga berkreasi ke pantai dalam situasi pandemi Covid-19.  Padahal kawasan pantai di Kecamatan Blahbatuh ditutup untuk rekreasi, dengan pemasangan spanduk imbauan pada pintu gerbang masuk pantai. Camat Blahbatuh Ida Bagus Dharma Yudha mengatakan, penertiban terpaksa dilakukan karena masyarakat bengkung (bandel).  ‘’Keramaian di pantai  menandakan ada warga tidak menghiraukan imbauan pemerintah untuk physical distancing," ujarnya.

Camat Blahbatuh IB Dharma Yuda mengaku iba saat menertibkan pedagang di Pantai Pering dan Saba di tengah situasi seperti ini. Sebab dominan yang berjualan warganya sendiri. "Tapi apa boleh buat, perlu ditertibkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Perbekel Desa Saba Ketut Redhana mengatakan pantai masih dibuka untuk kegiatan adat dan keagamaan. Pihaknya tidak memasang portal pada akses menuju pantai, melainkan hanya spanduk. Para nelayan pemancing masih bisa ke pantai. ‘’Yang hanya kami larang adalah warga yang berekreasi hingga membuat kerumunan di pantai," ujar perbekel yang baru dilantik Maret 2020 ini.

Sementara itu, guna mempersempit penyebaran Covid-19 di area rumah sakit, setiap tim medis dan pengunjung wajib melewati screening test. Hal itu tampak di depan IGD RSUD Sanjiwani Gianyar, Minggu (12/4) pagi. Beberapa petugas medis menggunakan APD lengkap melakukan screening test atau pengecekan suhu tubuh pengunjung. Setelah itu pengunjung RS wajib mengisi data riwayat perjalanan sebelum masuk ke dalam rumah sakit Sanjiwani Gianyar. Termasuk riwayat keluarga satu rumah yang baru pulang dari luar negeri serta ada kontak dengan mereka atau tidak.

Bila screening test menemukan pengunjung yang sempat berkontak langsung dengan keluarga yang baru pulang dari luar negeri, maka akan langsung dibawa ke ruang isolasi untuk langkah pemeriksaan lebih lanjut. Direktur RSUD Sanjiwani Gianyar dr Ida Komang Upeksa menjelaskan, screening test ini sudah berjalan sekitar seminggu lalu. Kata dia, screening test ini sangat efektif untuk menekan penyebaran Covid-19 di area rumah sakit. *nvi

Komentar