nusabali

Sosialiasi Subuh, Perbekel dan Dokter Bagikan Masker

  • www.nusabali.com-sosialiasi-subuh-perbekel-dan-dokter-bagikan-masker

TABANAN, NusaBali
Mencegah penyebaran Covid-19, aparat Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, menyosialiasikan penggunaan masker kepada masyarakat.

Sosialiasi digelar saat subuh dengan menyasar ibu-ibu rumah tangga yang berbelanja di warung kelontong dan masyarakat yang berolahraga di Objek Wisata Alas Kedaton, Desa Kukuh, Tabanan.

Sosialisasi dilakukan Perbekel Kukuh I Made Sugianto dengan pengeras suara. Kegiatan ini menggandeng dokter I Gusti Bagus Kurniawan untuk menyampaikan materi sosialisasi dan membagikan masker secara gratis.

Perbekel Kukuh I Made Sugianto mengatakan, animo masyarakat Desa Kukuh berolahraga pagi cukup tinggi. Akibatnya terjadi kerumunan massa di areal Daya Tarik Wisata Alas Kedaton. Mereka yang berolahraga tak hanya masyarakat Kukuh, namun juga dari desa tetangga yakni Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri.

Seiring tingginya minat masyarakat berolahraga, mereka tak banyak yang menggunakan masker. “Saya ditelepon oleh dokter Bagus Kurniawan untuk sosialisasi. Beliau siapkan materi sosialisasi dan sediakan masker untuk dibagi-bagi secara gratis. Maka kami berdua sosialisasi saat subuh,” ungkapnya, Jumat (10/4).

Sosialisasi subuh dimulai sejak Kamis pagi. Saat sosialisasi banyak warga, tua muda, laki-laki, dan perempuan kedapatan tanpa masker. Warga yang tak kenakan masker langsung diberikan secara gratis. "Sembari membagi masker kami juga lakukan sosialiasi social distancing dan mengingatkan warga wajib gunakan masker," tegasnya.

Menurut Perbekel Sugianto, dalam kesempatan itu dr Bagus Kurniawan yang kesehariannya bertugas di Puskemas Penebel II ini juga mengingatkan warga untuk rajin cuci tangan pakai sabun pada air mengalir. Jika baru pulang dari bepergian untuk ganti baju, cuci pakaian, dan mandi sebelum berkumpul dengan keluarga.

Sugianto menambahkan, dr Bagus Kurniawan telah memesan ribuan masker kain untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat. Pada Kamis (9/4) pagi, telah dibagikan 100 pcs masker. Pada Jumat (10/4) pagi dibagikan 100 pcs masker lagi dan sore harinya sambil jalan kaki melintasi Banjar Munggal, Banjar Dalem Kerti, dan Banjar Batanwani dengan membagikan 250 masker. "Pecalang yang tugas ronda juga diberikan masker untuk keamanan bersama," tandasnya.*des

Komentar