nusabali

Kondisi Membaik, Sampel Swab 4 Pasien Positif Covid-19 Dites Ulang

  • www.nusabali.com-kondisi-membaik-sampel-swab-4-pasien-positif-covid-19-dites-ulang

NEGARA, NusaBali
Petugas medis RSU Negara, Jembrana, melakukan pengambilan sampel swab empat pasien positif Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi RSU setempat, Rabu (8/4).

Langkah ini untuk kembali dilakukan test polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium RSUP Sanglah, Denpasar.

Tes PCR ulang itu dilakukan sebagai upaya mengecek apakah keempat pasien yang kondisinya semakin membaik tersebut masih terjangkit atau kah telah sembuh dari infeksi Covid-19. Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Jumat (10/4), mengatakan, pengambilan sampel swab ulang itu, dilakukan setelah kondisi empat pasien terus semakin membaik. Meski empat pasien positif itu sebelumnya diisolasi tidak berbarengan, masing-masing dua orang pada Rabu (1/4) dan dua orang pada Sabtu (4/4). Namun pengambilan sampel swab untuk dilakukan tes ulang dilakukan bersamaan, Rabu (8/4). "Pemeriksaan swab ulang, tergantung dokter yang merawat," ujarnya.

Menurutnya, terkait hasil tes PCR sampel swab empat pasien positif itu, masih menunggu konfirmasi dari Provinsi Bali. Nantinya, ketika hasil negatif, artinya bisa saja pasien telah sembuh. Namun untuk lebih memastikan kembali, bisa saja dilakukan tes ulang yang kedua. "Kalau masih positif, tetap akan diawasi. Nanti hasil tes yang menentukan. Tetapi sejak diisolasi, sebenarnya kondisi empat pasien itu sehat. Belum ada gejala sesak nafas," ucapnya.

Menurutnya, selama diisolasi di RSU Negara, dalam upaya menyembuhkan empat pasien tersebut, adalah rutin memberikan vitamin sebagai upaya meningkat imun. Pasalnya, imun atau daya tahan tubuh yang menentukan kesembuhan si pasien. "Kalau dari pemeriksaan ahli, Corona virus ini sebenarnya menyerang saluran pernafasan. Yang biasa yang paling rentan sampai meninggal, karena memang ada sakit kronis," pungkasnya. *ode

Komentar