nusabali

Jalan Terminal Banyuasri Rusak Parah

  • www.nusabali.com-jalan-terminal-banyuasri-rusak-parah

Setiap pengendara sepeda motor harus berkelak-kelok untuk menghindari sejumlah jalan berlubang.

Perbaikan Menunggu APBD Buleleng 2017


SINGARAJA, NusaBali
Setiap pengendara sepeda motor harus berkelak-kelok untuk menghindari sejumlah jalan berlubang di Terminal Banyuasri, di Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Jumat (27/8) sore. Kondisi jalan terminal yang berlubang cukup parah tersebut sudah terlihat lama atau sejak terminal itu dijadikan pasar tumpah setiap sore hari.

Kondisi tersebut sering menjadi penghalang bagi warga yang masuk dan melintas di terminal tersebut. Seperti dikeluhkan Made Puji, warga Desa Panji, Buleleng, mengaku setiap hari berbelanja di Pasar Tumpah Banyuasri. “Ya memang begini, mau menghindar juga semua jalannya lubang, apalagi kalau hujan ya banyak genangan,” katanya saat ditemui sore kemarin di sekitar terminal. Kepala Dinas Perhubungan Buleleng Gede Gunawan AP, dikonfirmasi terpisah, mengatakan mulai tahun 2016, status Terminal Banyuasri telah menjadi aset Pemkab Buleleng, dari sebelumnya aset Pemprov Bali.

Gunawan mengatakan, sebelumnya Terminal Banyuasri merupakan terminal Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) sehingga kewenangannya ada di Pemprov Bali. Namun belakangan karena melihat fungsi terminal di Buleleng sudah tidak maksimal, dalam artian tidak banyak yang menggunakan jasa angkutan umum, muncul peraturan Pusat, terminal Banyuasri dikelola Pemkab.

Dari pengajuan pertengahan 2016, akhirnya disetujui oleh Pemprov. Namun perbaikan, kata Gunawan, baru dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 mendatang. “Pelimpahan kewenangannya baru tahun ini, dan karena tahun ini sudah tidak bisa menganggarkan, baik di anggaran induk maupun perubahan sudah tutup, jadi harus tunggu tahun depan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, kemungkinan perbaikan jalan Terminal Banyuasri yang satu areal dengan Pasar Banyuasri itu, akan dilaksanakan bersamaan pada tahun 2017. Ia memastikan perbaikan jalan di Terminal Banyuasri akan diaspal hotmix sehingga dapat bertahan lebih lama. Ia belum menyebutkan berapa anggaran yang diperlukan untuk perbaikan jalan tersebut. * k23

Komentar