nusabali

Yonif Mekanis Garuda Nusantara Sumbang 20 Kantong Darah

  • www.nusabali.com-yonif-mekanis-garuda-nusantara-sumbang-20-kantong-darah

NEGARA, NusaBali
Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara (GN) menggelar donor darah, Selasa (7/4).

Aksi sosial ini dilakukan untuk membantu ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Jembrana, karena sepinya pendonor di tengah pandemi Covid-19. Hasilnya, terkumpul sebanyak 20 kantong darah.

Saat kegiatan tersebut, sejatinya ada 43 personel Yonif yang terdaftar sebagai pendonor. Namun dari 43 orang tersebut, sementara baru diambil 20 orang. Sedangkan 23 orang lainnya, sengaja tidak langsung didonor. Tetapi dipersiapkan sebagai pendonor cadangan jika terjadi kekurangan darah di PMI Jembrana. “Tadi sementara kita ambil dari 20 pendonor. Yang lainnya yang sudah terdaftar, kami siapkan untuk jaga-jaga saat ada kebutuhan mendesak,” ucap Kepala Unit Donor Darah PMI Jembrana dr Anak Agung Ngurah Made Avatara Sadhaka.

Menurut dr Avatara Sadhaka, upaya menyiapkan pendonor cadangan itu juga mempertimbangkan kesulitan pendonor berkenaan dampak pandemi Covid-19. Di mana beberapa pendonor rutin, semakin berkurang sejak ada kebijakan physical distancing. Untuk itu, PMI melakukan jemput bola ke sejumlah institusi, sebagai upaya menjaga stok darah. PMI pusat juga sudah berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri, agar membantu ketersediaan stok darah di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19.

“Kesulitan pendonor terjadi hampir di seluruh Indonesia. Per hari ini (kemarin), stok darah kami juga masih terbatas. Sementara masih tersedia 47 kantong. Masing-masing 6 kantong darah A, 18 kantong darah B, 19 kantong darah O, dan 4 kantong darah AB,” ucapnya.

Sementara Komandan Yonif Mekanis GN Letkol Inf Hendra Saputra, mengatakan, kebutuhan darah merupakan hal mendesak yang berkaitan dengan jiwa seseorang. Dalam hal ini, masyarakat mempunyai peran penting dalam menjamin ketersediaan darah dalam jumlah yang cukup. Tetapi karena situasi dan kondisi terkait pandemi Corona, dari Yonif GN ikut membantu dan mengambil peran dengan mengadakan kegiatan donor darah. “Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini dapat dimaksimalkan penggunaannya oleh PMI serta dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ke depan, kami juga berharap donor darah ini dapat berjalan dengan konsisten,” ujarnya. *ode

Komentar