nusabali

Ini Dia Skenario Liverpool Juara Liga Inggris

  • www.nusabali.com-ini-dia-skenario-liverpool-juara-liga-inggris

Skenario lanjutan Liga Inggris mulai dibahas UEFA, dengan kemungkinan laga dilanjutkan tanpa disaksikan penonton. Tapi rencana ini juga menghadapi kritikan.

NYON, NusaBali

Kans Liverpool menjuarai Liga Inggris mulai dibahas Presiden UEFA Aleksander Ceferin di tengah pandemi virus Corona. Liga Inggris tengah disetop akibat pandemi virus corona. Saat kompetisi disetop, Liverpool sedang memimpin klasemen dengan 82 poin dari 29 laga, unggul 25 angka dari Manchester City.

Dengan margin yang lebar itu, Liverpool tinggal butuh enam poin lagi untuk mengunci gelar juara Liga Inggris 2019/2020. Everton dan Crystal Palace menjadi lawan-lawan bagi Liverpool untuk bisa mendulang poin. Kalau atas keduanya, Si Merah akan mendapatkan Guard of Honour dari Man City saat menjalani pertandingan di Etihad Stadium.

Jika juara, klub asal Merseyside itu akan mengakhiri puasa gelar juara Liga Inggris selama 30 tahun. The Reds hanya butuh dua kemenangan lagi untuk mengunci titelnya. Namun, pandemi memaksa liga disetop, sehingga pertanyaan soal juara kembali dipertanyakan. Ada yang meminta agar liga disetop, sehingga trofi juara Liverpool tentu terancam hilang. Namun, Ceferin menegaskan Liverpool memang sangat layak juara jika pada akhirnya musim harus diakhiri dengan cara yang lain. "Saya tidak bisa melihat cara Liverpool dibiarkan tanpa gelar. Secara teoritis, ini (musim) belum berakhir, tetapi praktis Liverpool berada di ambangnya," kata Ceferin kepada EkipaSN, surat kabar olahraga Slovenia, seperti dilansir Independent.

"Jika tidak bisa dimainkan, masih perlu untuk mengumumkan hasilnya dalam beberapa cara dan kemudian juara harus ditentukan. Tentu saja, sekali lagi saya tidak melihat skenario hasilnya bukan Liverpool. Saya paham suporter akan kecewa jika itu terjadi di stadion yang kosong atau ditentukan di meja, tapi saya yakin, mereka akan memenangkan gelar dengan satu atau cara yang lain," jelas Ceferin.

Kelanjutan Liga Inggris sendiri masih belum jelas. Terakhir, Premier League diputuskan masih akan ditangguhkan hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan, akibat pandemi virus Corona masih terus menyebar.

Legenda Inggris Garry Lineker yang sekarang menjadi pundit, sepakat jika pertandingan nantinya harus digelar tanpa penonton asalkan Liga Inggris dapat diselesaikan. Lineker menegaskan selesainya Liga Inggris adalah bentuk keadilan untuk semua tim. “Saya pikir idealnya kami ingin menyelesaikan musim ini, saya pikir itu masuk akal. Tetapi seluruh situasi ini begitu cair dan jauh lebih penting daripada apa pun, sulit untuk mengetahui kapan itu (virus Corona) akan pergi. Kami bisa bermain lagi pada Juni, mungkin sudah cukup tenang, apakah itu akan terjadi tanpa penonton, yang sebenarnya bukan sepakbola, tapi itu akan membantu menyelesaikan liga,” ujar Lineker.

Sebelumnya pemain Manchester United, Luke Shaw, merasa pembatalan Liga Inggris musim ini akibat pandemi virus Corona akan jadi sebuah langkah yang tepat. “Batalkan dan mulai lagi. Jika kita tidak bisa melanjutkan maka kompetisi harus dibatalkan," ujar Shaw beberapa waktu lalu.

"Keberadaan fans sangat penting. Anda menyadarinya lebih lagi sekarang. Jika Anda tidak punya fan, dan Anda tidak bermain di depan fans, rasanya bukan sesuatu yang benar," kata Shaw menampik laga tanpa penonton.

Legenda MU Rio Ferdinand juga mengusulkan Liga Inggris musim 2019/2020 harus dibatalkan

Ferdinand mengaku para fans Liverpool tentu mengecam pendapatnya, ditambah penantian itu telah berlangsung selama 30 tahun. Namun, Ferdinand mengatakan semua pihak harus mengutamakan kepentingan bersama dan Liverpool harus meletakkan ambisi untuk berjaya di Inggris.

"Fans Liverpool selalu mengatakan ini karean saya tidak ingin juara liga primer. Dengar, jika tim saya dalam situasi ini saya akan berpikir tentang kesehatan orang dan orang banyak dibanding kepuasan saya sendiri," kata Ferdinand kepada BT Sport.

Ferdinand mengatakan kondisi ini juga dialami klub lain, seperti yang berjuang untuk degradasi atau yang berjuang mendapatkan tempat di zona Liga Champions. Sehingga, ia mengatakan pendapatnya tersebut bukan berarti ia tidak menyukai Liverpool mengangkat piala. MU sendiri sudah tidak memiliki peluang untuk meraih gelar musim ini. The Red Devils menempati posisi kelima klasemen dan terpaut 37 poin dari Liverpool yang kokoh di puncak klasemen hingga pekan ke-29.

Di Inggris, sudah ada 41.907 orang dinyatakan positif Covid-19. Beberapa di antaranya pelaku sepakbola seperti Mikel Arteta dan Callum Hudson-Odoi. Sejauh ini sudah ada 4.313 orang meninggal karena virus Corona di Inggris. Angka itu yang paling banyak keempat di Eropa.*

Komentar