nusabali

Napak Tilas Ciung Wanara Ditiadakan

  • www.nusabali.com-napak-tilas-ciung-wanara-ditiadakan

AMLAPURA, NusaBali
Acara napak tilas perjuangan pasukan Ciung Wanara untuk tahun 2020 ditiadakan. Alasannya, program rutin tahunan ini tanpa anggaran dan pengaruh virus corona (Covid-19).

Untuk pertama kali napak tilas perjuangan I Gusti Ngurah Rai absen sejak kegiatan ini dimulai tahun 1973. Pada tahun 2019, peserta napak tilas sebanyak 36 regu.


Kepala Dinas Sosial Karangasem, I Gede Basma, mengatakan napak tilas perjuangan I Gusti Ngurah Rai memimpin pasukan Laskar Ciung Wanara selalu dilombakan, sehingga dana untuk hadiah kepada pemenang. Pada tahun 2019, sebanyak 36 regu ikut napak tilas dari tingkat pelajar,  umum, dan penyapu ranjau. Perjalanan dibagi tiga etape. Start di Banjar Pemuteran, Desa Pempatan dan finish di Lapangan Tanah Aron, Jalan Ngurah Rai Amlapura. Juara I berhak atas hadiah uang Rp 25 juta, juara II Rp 15 juta, dan juara III Rp 10 juta. “Tahun ini hanya menggelar apel bendera di Lapangan Banjar Pemuteran, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang,” jelas Gede Basma.

Banyak yang menyayangkan napak tilas perjuangan I Gusti Ngurah Rai ditiadakan di tahun 2020. Sangat disayangkan tidak ada anggaran sehingga nilai-nilai kepahlawanan yang mestinya tertanam pada jiwa generasi muda tidak dikobarkan. Gara-gara anggaran, semangat juang mengenang para pahlawan jadi kurang semarak. *k16

Komentar