nusabali

Pemkab Badung Gelar Upacara Pamelepeh Jagat Perangi Covid-19

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-gelar-upacara-pamelepeh-jagat-perangi-covid-19

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Ny Kristiani Suiasa, melaksanakan persembahyangan Purnama Kedasa di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung pada Anggara Pon Merakih, Selasa (7/4).

Persembahyangan bersama yang dirangkai dengan upacara Pamelepeh Jagat dilaksanakan oleh Pemkab Badung sebagai salah satu upaya niskala guna memerangi pandemi Covid-19. Upacara tersebut dipuput oleh Ida Pedanda Gede Buruan saking Griya Pesraman Darmasaba. Persembahyangan juga diikuti Ketua PHDI Badung Gede Rudia Adiputra serta kepala OPD dan karyawan karyawati Pemkab Badung.

Wabup Suiasa menerangkan, upacara Pamelepeh Jagat yang berlangsung di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung ngadegang dua Bethara Tirta, masing-masing Bethara Tirta Pura Pucak Mangu dan Bethara Tirta Pura Batubolong sebagai simbolis keselarasan dunia pada konsep segara gunung. “Hari ini (kemarin) merupakan purnama kedasa yang dalam konsep agama Hindu merupakan hari yang sangat suci untuk menggelar upacara Yadnya. Berkaitan dengan hal itu kami segenap jajaran perangkat daerah di Pemkab Badung melaksanakan upacara Pamelepeh Jagat disertai menghaturkan Banten Bendu Piduka di Parahyangan Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung,” ujar Wabup Suiasa. Menurutnya, upacara ini dilaksanakan guna menghilangkan segala macam jenis merana sasab dan gering yang terjadi saat ini seperti Covid-19.

Hal ini juga dapat dijadikan sebagai momentum untuk introspeksi diri bahwa manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial agar senantiasa menghormati Sang Hyang Pencipta dan alam semesta ini sehingga keharmonisannya selalu terjaga.

“Untuk itu mari kita bersama-sama meminta pengampunan atas segala dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat sebagai umat manusia, sekaligus memohon anugerah ke hadapan Ida Hyang Widhi Wasa sehingga alam semesta beserta isinya selalu dalam lindunganNya,” ujar Wabup Suiasa.  Dikatakannya, virus ini terjadi atas kehendakNya, maka pihaknya juga memohon ke hadapan Sang Hyang Widhi agar virus ini bisa dihilangkan dari muka bumi ini. *

Komentar