nusabali

Di Badung Ada 4 Orang Positif Covid-19

  • www.nusabali.com-di-badung-ada-4-orang-positif-covid-19

Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Badung bersama Satgas Provinsi Bali melakukan tracing di daerah tempat tinggal pasien positif Covid-19.

MANGUPURA, NusaBali
Pasien positif Covid-19 (virus Corona) di Kabupaten Badung bertambah menjadi empat orang. Mereka yang positif Covid-19 itu berstatus warga negara Indonesia (WNI) dan tersebar di tiga kecamatan di Badung, yakni Kecamatan Kuta, Kuta Utara, dan Abiansemal.

Berdasarkan data dari website resmi Pemerintah Kabupaten Badung, www.covid19.badungkab.go.id, saat ini kasus Covid-19 tercatat menjadi empat kasus. Di Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara ada satu kasus, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan ada dua kasus, sedangkan di Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal ada satu kasus.

Koordinator Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Badung dr I Nyoman Gunarta, membenarkan ada penambahan kasus positif Covid-19 di Gumi Keris. “Iya, berdasarkan data terbaru ada empat kasus positif Covid-19 di Badung. Mereka semua berstatus warga negara Indonesia (WNI) yang ber-KTP Badung,” ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (7/4).

“Jadi, kalau kasus positif Covid-19 berstatus WNI, maka pencatatannya ke daerah di mana yang bersangkutan bertempat tinggal. Sementara, kalau kasus positif Covid-19 adalah WNA, maka tercatat di provinsi,” papar dr Gunarta, mantan Dirut RSD Mangusada.

Semenjak kasus baru muncul, menurut birokrat asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, itu Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Badung bersama Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali telah melakukan tracing (penelusuran/melacak), khususnya di daerah tempat tinggal pasien positif Covid-19. “Dengan siapa saja berinteraksi, ini sedang kami tracing,” tegasnya.

Disinggung apakah pasien positif Covid-19 di Badung, khususnya yang baru terungkap memiliki riwayat bekerja di luar daerah atau di luar negeri, dr Gunarta belum bisa memastikan. “Saat ini masih kami tracing,” tandasnya.

Kendati kasus positif Covid-19 bertambah, pihaknya mengimbau masyarakat tidak panik dan tetap mengikuti anjuran pemerintah. “Kami mengimbau masyarakat mengikuti aturan pemerintah, yakni melakukan penyemprotan untuk lokasi potensial penularan yaitu di layanan publik yang banyak dikunjungi, menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, lebih bagus sabun cair. Termasuk membatasi warga ke luar rumah,” imbau dr Gunarta.

“Apabila bepergian karena ada keperluan, selalu menggunakan masker, boleh gunakan masker kain. Dan jaga jarak paling tidak 1,5 meter dari orang lain (social distancing). Saat pulang ke rumah, langsung mandi dan seluruh pakaian segera dicuci,” imbuhnya.

Untuk diketahui, data terbaru sebagaimana tercatat di www.covid19.badungkab.go.id, jumlah kasus komulatif untuk ODP (orang dalam pemantauan) sebanyak 212 orang. Sedangkan kasus komulatif PDP (pasien dalam pengawasan) sebanyak 12 orang. *asa

loading...

Komentar