nusabali

Disdikpora Buleleng Gandeng RRI Langsungkan Pembelajaran Online

  • www.nusabali.com-disdikpora-buleleng-gandeng-rri-langsungkan-pembelajaran-online

Program yang disiarkan Senin-Jumat Pukul 11.00 Wita ini diharapkan menjadi sarana belajar yang komunikatif bagi siswa.

SINGARAJA, NusaBali
Pembatasan aktivitas di luar rumah membuat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng pasang strategi. Proses pembelajaran daring di tengah virus Covid-19 juga dilakukan live dari radio. Disdikpora Buleleng pu menggandeng LPP RRI melalui program Ibu Pertiwi Memanggil Belajar di RRI.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, Senin (6/4) mengatakan program yang disiarkan setiap Senin-Jumat Pukul 11.00 Wita ini diharapkan menjadi sarana belajar yang komunikatif bagi siswa. Peserta didik juga diharapkan  mampu merangsang minat belajar di tengah pandemi Corona.

"Ini sangat membantu. Kehadiran siaran RRI memberikan ruang untuk guru dan siswa tetap melangsungkan proses belajar. Terlebih komitmen RRI sebagai Radio Tanggap Bencana Covid-19 juga perlu diapresiasi. Kemajuan teknologi seperti saat ini RRI bisa memfasilitasi siswa dengan mengakses RRI Play Go, jadi siswa bisa belajar melalui smartphone mereka," ungkap Astika.

Made Astika yang juga Sekretaris Disdikpora Buleleng berharap siaran yang disajikan mampu memberikan nilai edukasi kepada masyarakat khususnya generasi milenial. Belajar dengan memanfaatkan teknologi seperti sekarang menurutnya sangat efektif dan efisien. Dia pun berharap program ini terus dilanjutkan tidak hanya saat wabah Corona merebak di Indonesia. "Kehadiran RRI selain memiliki peran untuk memberikan informasi juga memberi edukasi kepada masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu Kepala RRI Singaraja Ida Ayu Evi Handayani terpisah mengatakan, program Belajar di RRI merupakan solusi bagi orangtua untuk memberikan edukasi kepada anaknya untuk tetap produktif di tengah pandemi Covid-19. "Program ini merupakan instruksi Direksi LPP RRI, dalam rangka memutus penularan Covid-19 di Kabupaten Buleleng dan Indonesia pada umumnya. Acara ini kerjasama dengan sekolah yang ada di Buleleng untuk membantu siswa agar stay at home sambil belajar, dan menghilangkan kejenuhan dengan situasi yang belum stabil akibat Covid-19," jelasnya.

Sekolah yang diajak bekerjasama akan mengutus satu orang gurunya untuk memaparkan materi yang diajar selama siaran berlangsung. Program siaran belajar dari rumah ini disiarkan RRI Singaraja melalui siaran teristerial FM 97.9 MHz, AM 1080 KHz (Programa 1) dan FM 105,4MHz (Programa 2) serta audio streaming via RRI Play Go.*k23

Komentar