nusabali

Final Liga Champions Harus Tuntas 3 Agustus

  • www.nusabali.com-final-liga-champions-harus-tuntas-3-agustus

NYON, NusaBali
Presiden UEFA Alexander Ceferin menyebutkan ada opsi menggunakan format playoff untuk Liga Champions dan Liga Europa.

Namun dia menegaskan musim 2019/2020 harus rampung selambat-lambatnya pada 3 Agustus 2020. UEFA sebelumnya memutuskan menunda Euro 2020 ke tahun 2021, demi memberi kesempatan kompetisi tingkat klub baik domestik maupun Eropa musim 2019/2020 dapat dirampungkan pada musim panas. Hal tersebut saat ini tertangguhkan karena pandemi virus corona.

Namun, perkembangan yang tak kunjung menampakkan sinyal positif membuat seluruh pemangku kepentingan sepak bola kini dihadapkan pada tenggat waktu untuk menyelesaikan musim 2019/20 sesegera mungkin, berkaitan dengan rencana dimulainya musim baru.

"Baik Liga Champions maupun Liga Europa harus rampung 3 Agustus," kata Ceferin dalam wawancara dengan stasiun televisi Jerman ZDF dilansir laman Football Italia, Minggu (5/4) Wita.

"Saat ini kita berada dalam situasi yang tidak biasa, tetapi ada kelonggaran mengenai tanggal spesifik musim dilanjutkan. Jika krisis reda lebih awal, demikian juga kelanjutan sepak bola," ujar Ceferin.

Empat dari delapan tiket menuju babak perempat final Liga Champions sudah menjadi milik Atalanta, RB Leizpig, Paris Saint-Germain dan Atletico Madrid. Empat lainnya masih diperebutkan delapan tim yang belum melakoni leg kedua babak 16 besar.

Sedangkan Liga Europa ditangguhkan pada babak 16 besar. Bahkan masih ada dua leg pertama yang belum dimainkan karena melibatkan tim Spanyol dan Italia. Keduanegara itu yang saat ini paling parah terdampak pandemi virus corona.

Belakangan muncul wacana mengenai opsi penentuan juara Champions dan Europa melalui format berbeda berupa playoff di antara tim-tim tersisa langsung dengan satu pertandingan gugur.

"Kita bisa saja melanjutkan dengan sistem berlaku atau diubah menjadi satu laga gugur di arena netral. Saat ini, ada opsi untuk main dengan format Final Eight atau Final Four," ujar Ceferin. *ant

Komentar