nusabali

Palinggih Pura Dalem Pingit Tertimpa Dahan Beringin

  • www.nusabali.com-palinggih-pura-dalem-pingit-tertimpa-dahan-beringin

BANGLI, NusaBali
Empat bangunan suci di Pura Dalem Pingit, Banjar Dinas Kebon Kangin, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli, rusak tertimpa dahan pohon beringin tumbang, Minggu (5/4).

Keempat bangunan itu yakni Palinggih Surya, Palinggih Bhatari Sri, Penglurah Agung, dan Bale Pesandekan. Krama pamaksan belum membersihkan dahan pohon tumbang karena berencana nunasang atau minta petunjuk sulinggih.

Kelian Banjar Dinas Kebon Kangin, I Dewa Gede Sutama, mengatakan dahan beringin tumbang diketahui sekitar pukul 14.00 Wita. Tidak ada hujan, namun angin kencang. Mengetahui adanya pohon tumbang, krama langsung mengecek kondisi pura. Empat bangunan suci rusak yakni Palinggih Surya, Palinggih Bhatara Sri, Penglurah Agung, dan Bale Pesandekan. “Pohon beringin berada di jeroan pura. Dahan pohon yang tumbang berdiameter sekitar 60 centimeter. Pohon beringin ini berusia ratusan tahun,” ungkap Dewa Sutama.

Dewa Sutama mengungkapkan, akibat kerusakan pada palinggih, maka muat sementara waktu arca dipindahkan. Patapakan barong juga dipindahkan. “Barong dan arca kagingsirang (dipindahkan) di bangunan lain namun masih di Pura Dalem Pingit. Arca dan barong tidak tidak ada kerusakan,” ujarnya. Ditambahkan, praju akan melaksanakan paruman serta minta petunjuk sulinggih sebelum mengevakuasi dahan beringin tumbang. Akibat dahan pohon tumbang, krama pangempon mengalami kerugian ratusan juta. Bencana ini akan dilaporkan ke BPBD Bangli. *esa

Komentar