nusabali

Badung Batalkan Porkab 2020

  • www.nusabali.com-badung-batalkan-porkab-2020

Pembatalan itu karena dana yang semula dirancang untuk Porkab Rp 3,5 miliar dialihkan kepentingan lain, termasuk penanggulangan wabah Virus Corona Disiase (Covid-19 ) di wilayah Kabupaten Badung.

MANGUPURA, NusaBali
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Badung resmi membatalkan rencana Pekan Olahraga Kabupaten Badung (Porkab) 2020. Pembatalan itu karena dana yang semula dirancang untuk Porkab Rp 3,5 miliar dialihkan kepentingan lain, termasuk penanggulangan wabah Virus Corona Disiase (Covid-19 ) di wilayah Kabupaten Badung.

Menurut Ketua umum KONI Badung, Made Nariana pada Minggu (5/4), pembatalan itu terutama karena merebaknya virus Corona di Bali, yang membawa dampak bagi berbagai kegiatan masyarakat. Banyak aktivitas masyarakat berhenti, karena kondisi ekonomi menurun. Demikian juga kegiatan olahraga juga ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Melihat fakta itu, KONI Badung sudah bulat membatalkan gelaran Porjar 2020. Dia mengatakan, Porkab direncanakan pada sekitar November (usai PON 2020 di Papua), tetapi karena keadaan dan kondisi yang tidak menguntungkan akibat virus Corona, terpaksa dibatalkan. Nariana berharap, mulai tahun 2021 kegiatan rutin pesta olahraga atlet Badung itu kembali normal sejalan kegiatan ekonomi masyarakat.

Nariana mengharapkan atlet-atlet Badung tetap berlatih mandiri di bawah bimbingan pelatih masing-masing.

Sedangkan soal nasib atlet Badung yang terpilih sebagai peserta PON Papua, Nariana tidak dapat memerinci lebih lanjut. Menurutnya, soal PON Papua urusan pemerintah Pusat. Atlet peserta menjadi tanggungjawab pemerintah Bali , dalam hal ini KONI Bali.

Harapannya, kata Nariana, pada 2021 nanti Porkab Badung benar-benar dapat digulirkan. Mengingat, gelaran ini telah direncanakan sejak lama, sekaligus persiapan menuju Porprov Bali XV/2021. Namun dengan pertimbangan faktor kesehatan, dan keselamatan, KONI memilih membatalkan gelaran Porkab. Bagi dia, kesehatan menjadi faktor yang paling penting, ditengah situasi seperti sekarang ini.

"Kita fokus pada penghentian penyebaran virus Corona dulu, semoga ini bisa cepat berlalu," harap pria yang juga mantan Ketua PWI Bali itu.

Porkab tahun ini sejatinya digelar bersamaan dengan perayaan HUT Kota Mangupura, dengan diikuti enam kecamatan di Badung. Porkab direncanakan diikuti sebanyak mungkin cabang olahraga, sekaligus menggali bibit-bibit atlet Badung.

Porkab juga sebagai konsolidasi atlet-atlet Badung menjelang Porprov Bali XV di Badung pada 2021. Hal itu sekaligus menindaklanjuti harapan Bupati Badung Giri Prasta, sebagai tuan rumah Porprov Bali harus sukses penyelenggaraan, sukses juara umum dan sukses ekonomi kerakyatan guna menuju 'sport tourism'.

"Sebagai daerah tujuan wisata, Badung harus mengembangkan olahraga prestasi yang dapat ikut menunjang kemajuan pariwisata Badung," terang Nariana. *dek

Komentar