nusabali

Ratusan Hotel Siapkan Akomodasi Tim Medis dan ODP

Diberikan Harga Dasar yang Sangat Terjangkau

  • www.nusabali.com-ratusan-hotel-siapkan-akomodasi-tim-medis-dan-odp

DENPASAR, NusaBali
Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) siap mendukung pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19.

Dukungan tersebut dalam  menyediakan ratusan hotel yang tersebar di seluruh Indonesia untuk dijadikan akomodasi bagi tim medis dan taktis serta akomodasi bagi orang dalam pengawasan (ODP) dengan memberikan harga dasar yang sangat terjangkau.

Tujuannya agar baik tim medis maupun ODP tidak mengalami kesulitan dalam mengisolasi diri dari keluarga dan menjalankan tugas dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. “Intinya IHGMA siap mendukung pemerintah menanggulangi Covid-19, sehingga persoalan ini bisa dituntaskan,” kata Wakil Ketua DPP IHGMA, I Made Ramia Adnyana, kepada NusaBali, Sabtu (4/4).

Dijelaskannya, dukungan IHGMA tersebut sudah disampaikan saat melakukan teleconference dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio didampingi Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo, Rabu (1/4) lalu.

Video teleconference dengan Menparekraf dan Wamenparekraf tersebut, papar Ramia Adnyana diikuti Ketua Umum DPP IHGMA, Arya Pering Arimbawa dan Ramia Adnyana sebagai Wakil Ketua. Dalam video teleconference tersebut Arya Pering dan Ramia Adnyana menyampaikan

situasi terkini pariwisata dan khususnya perhotelan terkait pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia. Di mana perhotelan di seluruh Indonesia dihadapkan kepada penutupan operasional yang berakibat kepada hancurnya kondisi keuangan perusahaan dalam memenuhi kewajiban tetap, termasuk kewajiban cicilan ke perbankan dan pembayaran gaji karyawan.

IHGMA menyampaikan harapan agar pemerintah memberikan dukungan kepada perusahaan dalam bentuk tax holiday PPH21, 22, 25, Pb1, pajak reklame dan penundaan PBB.

Selain itu penundaan pembayaran listrik, air sampai kondisi bisnis normal kembali, penundaan pembayaran pinjaman bank dan bunga, memberikan kemudahan agunan atau refinance, memberikan bridging loan pinjaman jangka pendek untuk pembayaran gaji karyawan untuk menghindari PHK.

Selanjutnya IHGMA menyampaikan siap mendukung pemerintah dalam memerangi Covid-19 dengan menyediakan ratusan hotel yang tersebar di seluruh Indonesia untuk dijadikan akomodasi bagi tim medis dan taktis serta akomodasi bagi orang dalam pengawasan (ODP) dengan memberikan harga dasar yang sangat terjangkau agar baik tim medis maupun ODP tidak mengalami kesulitan dalam mengisolasi diri dari keluarga dan menjalankan tugas serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Menparekraf, Wishnutama beserta Wamen Parekraf, Angela Tanoesoedibjo menampung semua masukan yang diberikan IHGMA untuk selanjutnya akan dipelajari dan didiskusikan kepada kementerian terkait.

Untuk hotel-hotel yang siap dijadikan akomodasi tim medis, taktis maupun OPD, kata Ramia Adnyana akan disiapkan link khusus nanti untuk mendaftar dari Kemenparkeraf. “Berapa budgetnya, diserahkan kemampuan masing-masing hotel,” ujarnya.

Pihak PHRI juga menyambut positif gagasan tersebut. “Ini sebagai bentuk solidaritas mendukung tenaga medis maupun pihak terkait dalam menanggulangi Covid-19,” ujar Wakil Ketua PHRI Bali, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya yang dihubungi terpisah, kemarin.

Diharapkan dengan beristirahat di hotel, tenaga medis dapat beristirahat lebih tenang, dalam tugas berat menanggulangi Covid-19. “Kalau pulang khawatirnya kontak dengan anggota keluarga,” ujarnya.

Tentu saja, hotel-hotel yang sudah siap tersebut lengkap dengan standar operasional (SOP) atau protokol penanganan Covid-19. Baik itu SDM atau staf, pendukung lainnya mulai dari menu dan fasilitas lainnya. “PHRI mendukung itu,” ujar Rai Suryawijaya yang juga Ketua BPC PHRI Kabupaten Badung ini. Menurut Rai Suryawijaya, ini juga salah satu bentuk kebersamaan komponen bangsa dalam menanggulangi penularan Covid-19. *k17

Komentar