nusabali

DPRD Klungkung Gelar Donor Darah

  • www.nusabali.com-dprd-klungkung-gelar-donor-darah

SEMARAPURA, NusaBali
Maklumat Kapolri tentang physical distancing untuk tanggulangi wabah Covid-19, mengakibatkan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung, menipis.

Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, bersama jajaran DPRD Klungkung, menggelar donor darah di kantor DPRD setempat, Jumat (3/4) pagi.

Donor darah melibatkan staf Sekretariat DPRD Klungkung. Hadir, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, selaku Ketua PMI Klungkung. Dari hasil kegiatan tersebut berhasil terkumpul 36 kantong darah dari 50 orang yang meregistrasi donor. Sebagian besar yang menjadi kendala para pendonor karena kondisi kesehatan serta belum waktu untuk melakukan donor kembali. "Donor darah ini dilaksanakan sesuai SOP penanganan Covid-19 dengan memperhatiakan jarak dari para pendonor," ujar Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom.

Agung Anom menambahkan, kegiatan ini murni inisiatif dari DPRD Klungkung, sebagai tanggungjawab di masyakarat melalui donor darah. Harapan lebih lanjut kepada masyarakat yang melakukan donor darah yang enggan untuk mendatangi PMI, maka PMI yang akan melakukan layanan jemput ke tempat yang telah ditentukan melalui mobil keliling untuk pengambilan darah. Dia menekankan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah lebih tinggi. "Pada umumnya donor darah bertujuan baik. Di samping menurunkan risiko penyakit jantung juga menurunkan berat badan," ujarnya.

Ditanya mengenai target, Agung Anom menyampaikan, tidak ada target yang pasti, mengingat kondisi kesehatan serta ketahanan tubuh orang berbeda-beda. "Namun kami tetap berupaya untuk sebanyak mungkin memberikan donor darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini akan berkelanjutan," ujarnya.

Wabup Kasta menyambut baik kegiatan donor darah tersebut. Dia berharap kegiatan seperti ini agar sering diadakan. Pasca wabah Covid-19 menyebabkan niat masyarakat untuk melakukan donor menurun yang berimbas pada stok darah mengalami krisis. "Dengan donor darah seperti ini diharapkan nantinya stok darah untuk pasien demam berdarah (DB), korban kecelakaan serta bagi pasien cuci darah, bisa tercukupi," ujarnya.*wan

loading...

Komentar