nusabali

Catur Klaim Maksimal, Meski Latihan di rumah

  • www.nusabali.com-catur-klaim-maksimal-meski-latihan-di-rumah

DENPASAR, NusaBali
Atlet cabang olahraga catur diklaim dapat melalukan persiapan secara maksimal untuk persiapan PON Papua XX/2020, meskipun harus latihan di rumah saja.

Latihan di rumah sering ditetapkan atlet catur dalam mengembangkan dan mengasah kemampuannya. Bisa memilih lawan sparring secara mudah melalui online.

"Catur itu kan olahraga asah otak. Jadi, memang seringan latihan di rumah. Dengan kondisi seperti ini, jelas kami tidak terpengaruh banyak. Karena cukup latihan maksimal di rumah saja," ucap Sekum Pengprov Percasi Bali, Paskalis Budi, Jumat (3/4).

Mantan Binpres Percasi Bali itu mengatakan, meski latihan di rumah, para atlet tetap dipantau dan wajib mengirimkan foto maupun video saat latihan. Setiap hari para atlet harus menyempatkan diri melakukan latihan secara rutin.

"Hal itu bentuk pengawasan kami. Biar benar-benar atlet melakukan persiapan jelang PON Papua," tegas Paskalis Budi.

Meski tanpa didampingi pelatih, tapi sewaktu-waktu dapat komunikasi dan evaluasi lewat panggilan video WhatsApp. Tak hanya itu, atletnya juga sering sparring secara online.

Menurutnya, sparring dapat langsung di rumah. Sebab, tidak butuh orang banyak. Cukup dua orang dan ada papan catur, sparring sudah dapat di lakukan di rumah dan tidak menghadirkan orang dalam jumlah banyak. Cukup satu orang saja.

Menurut Paskalis Budi, meski latihan di rumah rencananya juga ada pelatih pendamping nantinya. Namun semua itu masih menunggu keputusan KONI Bali.

"Harapan kami sangat jelas. Jika kondisi sudah normal maka diharapkan tetap terlaksana sesuai jadwal pada Oktober," harap Paskalis Budi.

Namun begitu apapun perubahannya akan tetap diikuti dengan baik. Dan, segala program yang ada juga akan disesuaikan dengan jadwal PON.

"Kami ikuti saja jika ada perubahan jadwal. Karena memang tidak bisa prediksi juga Covid-19 ini sampai kapan. Yang jelas, kita berjuang saja lewat latihan di rumah, sehingga persiapan atlet catur tetap jalan terus," kata Paskalis Budi. *dek

Komentar