nusabali

Tercatat 965 Kali Gempa Selama Maret 2020

  • www.nusabali.com-tercatat-965-kali-gempa-selama-maret-2020

MANGUPURA, NusaBali
Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mencatat selama Maret 2020, terjadi 965 kali gempa bumi yang terjadi di Indonesia.

Dari ratusan aktivitas gempa tektonik itu, Bali masuk dalam daftar wilayah yang menyumbang gempa terbanyak yakni sebanyak 144 kali kegempaan. Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Iman Fatchurochman, menerangkan dari pencatatan selama Maret 2020 di wilayah Bali terjadi 144 kali kegempaan. Untuk kekuatan kegempaan kurang dari 5,0 SR sebanyak 142 kali. Sementara, di atas 5,0 SR sebanyak 2 kali. Kegempaan itu terjadi di selatan Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Meski terjadi ratusan kali, hanya ada 5 kegempaan yang dirasakan. “Jadi Bali menjadi penyumbang di urutan ketiga dari 8 wilayah yang kerap terjadi gempa di Indonesia dalam periode Maret 2020 ini,” kata Iman, Kamis (2/4) sore.

Untuk wilayah yang terjadi gempa selama Maret yakni pertama Aceh dan Nias. Kedua, Lampung, Selat Sunda, dan Jawa Barat. Ketiga Bali, Lombok, dan Sumba. Keempat Alor dan Kupang. Kelima Ambon dan Seram. Keenam Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Ketujuh Laut Maluku, dan kedelapan Mamberamo Papua. Untuk aktivitas kegempaan di wilayah tersebut terjadi bervariasi.

“Kalau keseluruhan di Indonesia terjadi aktivitas gempa tektonik sebanyak 965 kali. Jumlah ini meningkat dari bulan sebelumnya, Februari lalu sebanyak 779 kali gempa. Gempa bumi signifikan dengan kakuatan 5,0 SR terjadi sebanyak 16 kali untuk pencatatan bulan Maret ini,” tutur Iman.

Menurut dia, untuk aktivitas gempa yang terjadi didominasi oleh aktivitas gempa dengan magnitudo kecil kurang dari 5,0 SR yang terjadi sebanyak 949 kali. Sementara, gempa bumi dengan guncangan dirasakan oleh masyarakat terjadi sebanyak 60 kali. Terkait adanya peningkatan aktivitas gempa bumi pada Maret 2020, masyarakat diimbau agar tetap tenang. *dar

loading...

Komentar