nusabali

Sempat Kontak dengan Pasien Positif, 52 Orang Jalani Rapid Test Corona

  • www.nusabali.com-sempat-kontak-dengan-pasien-positif-52-orang-jalani-rapid-test-corona

TABANAN, NusaBali
Sebanyak 52 orang warga Tabanan menjalani pemerikaan cepat dengan metode Rapid Diagnostic Test (RDT) karena diketahui ada kontak dengan pasien positif Covid-19.

Bersyukur dari seluruhnya yang menjalani tes hasilnya dinyatakan negatif. Jubir Satgas Covid-19 di Tabanan yang notabene Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabanan I Putu Dian Setiawan, menjelaskan sebanyak 52 warga Tabanan menjalani RDT karena sempat kontak dengan pasien positif. Sehingga Satgas Covid-19 di Tabanan memprioritaskan. “Mereka yang dites adalah warga yang statusnya OTG (orang tanpa gejala),” ungkapnya, Kamis (2/4).

Menurut Dian Setiawan, rincian 52 OTG yang menjalani RDT adalah 16 orang di Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan. Dimana satu pasien positif yang diumumkan Pemerintah Provinsi Bali adalah dari Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan. Lalu 36 OTG di Banjar Tuakilang Baleran, Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan karena memang sebelumnya salah satu warganya dikabarkan positif Covid-19.  “Pemeriksaan dilakukan 1 April 2020,” imbuh Dian Setiawan.

Meskipun dinyatakan negatif, warga yang berstatus OTG ini masih tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Tujuannya untuk mengetahui perkembangan dan tidak menyebarkan Covid-19 ke orang banyak. “Ya masih tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” tegas Dian Setiawan.

Dia menambahkan Satgas Covid-19 Tabanan masih tetap akan melakukan RDT lanjutan terhadap warga yang memang sempat kontak dengan pasien positif. “Kami tetap akan tes lanjutan sesuai dengan jadwal yang kami tentukan,” tandasnya. *des

Komentar