nusabali

Sektor Pertanian, Digital dan Start Up Punya Peluang

Perekonomian Bali Terdampak Covid-19

  • www.nusabali.com-sektor-pertanian-digital-dan-start-up-punya-peluang

DENPASAR,NusaBali
Merebaknya virus Corona atau Covid-19 memberi dampak yakni pelambatan perekonomian Bali.

Namun demikian masih ada sektor-sektor yang dinilai tidak terlalu dalam terdampakm di antaranya sektor pertanian,digital dan start up. Ketiga sektor ini dinilai mampu sedikit memberi kontribusi pelamabatan ekonomi Bali.   “Sektor pertanian  terdampak minim karena tidak terkait langsung dengan dunia eksternal,” ujar Deputi Direktur Kantor Perwakilan  Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) M Setyawan Santoso, Selasa (31/3)..

Dijelaskan Setyawan, masih banyaknya produksi padi, palawija, sayur mayur lokal menyebabkan harga bahan pokok yang terkendali hingga inflasi bulan Februari 2020 mencapai 3,55 persen. Disebutnya bahwa penutupan lalulintas manusia dan barang di Bali justru memberikan peluang agar masyarakat Bali dapat mengkonsumsi produk-produk lokal.

Sedangkan sektor digital dinilai berpeluang karena terkait erat dengan sektor riil yang memungkinkan dilakukan transaksi tanpa adanya kontak fisik.  Kebijakan physical distancing memaksa masyarakat  untuk melakukan  transaksi pembayaran dan pengiriman barang melalui media kurir yang keduanya sangat tergantung pada peranan digital ekonomi.

Sedangkan yang ketiga  adalah start up.  Sektor ini adalah kegiatan kreatif dan inovatif dengan menggunakan teknologi digital yang masuk ke dalam berbagai dunia usaha. Dengan terhentinya sejenak berbagai aktivitas perekonomian di berbagai sektor, maka sektor sektor usaha baru akan dapat bersaing lebih leluasa karena nanti pada saat semua berakhir, tidak ada lagi usaha yang lama  dan usaha baru. “Pelaku usaha yang maju adalah mereka yang dapat berusaha secara lebih efisien,” ujar Setyawan.

Karena itulah menurutnya, pemikiran   yang inovatif dan kreatif baik dari pemerintah maupun pelaku usaha diperlukan untuk mempertahankan atau setidaknya menahan perlembatan perekonomian Bali.  *k17

Komentar