nusabali

15 ODP di Klungkung Jalani Rapid Test

  • www.nusabali.com-15-odp-di-klungkung-jalani-rapid-test

SEMARAPURA, NusaBali
15 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Klungkung  menjalani rapid test virus Corona atau Covid-19 di GOR Swecapura, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Selasa (1/4) pagi.

Tes ini untuk mengetahui sejak dini kondisi ODP yang bersangkutan. Pantauan di lapangan, 15 ODP yang menjalani rapid test sebelumnya sudah mendapatkan surat dari Puskesmas di tiap kecamatan. Selanjutnya, mereka datang ke GOR dengan mengendarai sepeda motor dan mengenakan masker. Petugas rapid test yang sudah mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) pun langsung memeriksa kondisi ODP menggunakan alat rapid test. Setelah selesai diperiksa, para ODP  mereka juga dicek suhu tubuh dan disemprot dengan cairan disinfektan.

Wakil Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten  Klungkung, Gede Putu Winastra  mengatakan rapid test untuk ODP ini supaya dari Puskesmas bisa mengidentifikasi lebih awal. Apabila dari hasil rapid test ada indikasi, maka dari sana bisa ditelusuri siapa saja yang sempat kontak dengan ODP yang bersangkutan. “Tim yang melakukan test belum menyampaikan hasilnya,” ujar Winastra.

Sekda Klungkung ini menegaskan kepada ODP yang  menjalani masa karantina harus taat dan disiplin. Mereka juga akan diawasi baik dari petugas kesehatan maupun aparat desa dan prajuru adat.

ODP di Kabupaten Klungkung saat ini 17 orang, yakni dari Kecamatan Klungkung 11 orang, Dawan 3 orang, Nusa Penida 2 orang dan Banjarangkan 1 orang. "Dari 17 ODP ini, dua ODP belum ditest rapid  karena belum isolasi mandiri delapan hari. Setelah delapan hari baru ditest rapid," ujar Sekda Winastra. Dia belum memastikan kapan hasil test rapid ini akan keluar. *wan

Komentar