nusabali

Periksa 291 Orang, Petugas KKP Kenakan APD

Ratusan PMI dari Madrid Tiba di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-periksa-291-orang-petugas-kkp-kenakan-apd

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 291 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung pada Rabu (1/4) pagi.

Ratusan PMI tersebut merupakan kru kapal pesiar Carnival Group dari Madrid, Spanyol. Setibanya di bandara, PMI tersebut langsung diperiksa petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang mengenakan alat pengaman diri (APD).

Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Elfi Amir menerangkan ratusan PMI tersebut tiba di Bandara Ngurah Rai menggunakan pesawat Air Wamos dengan nomor penerbangan EB9421. Pesawat carteran itu berangkat dari Madrid, Spanyol dengan tujuan Bandara Ngurah Rai tiba pukul 11.15 Wita. Ke-291 PMI itu diarahkan ke area Kedatangan Internasional dan dilakukan pemeriksaan thermo scanner. “Saat tiba, ratusan PMI itu melewati berbagai tahapan di Bandara Ngurah Rai, mulai dari pemeriksaan suhu, rapid test, dan pemeriksaan lainnya,” tutur Elfi Amir, Rabu (1/4) sore.

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan yang berlangsung hingga pukul 13.15 Wita, para PMI itu mulai melewati pemeriksaan Bea Cukai dan keluar menuju zona penjemputan.

Alfi Amir menyatakan, hasil pemeriksaan ada di tangan tim Satgas Covid-19. Pihaknya hanya sebatas menyediakan akses khusus bagi PMI. “Apabila dari proses wawancara penumpang memiliki riwayat dari 10 negara endemik (sesuai yang dikeluarkan Kemenlu) dan atau suhu tubuh lebih dari 38 derajat, maka penumpang akan diperiksa lebih lanjut di ruang karantina KKP,” ujarnya.

Pihaknya dan stakeholder bandara lainnya melakukan pemeriksaan secara ketat. Bahkan, petugas di lapangan menggunakan APD, sebagai salah satu pencegahan penyebaran virus Corona dan sesuai standar operasional prosedur (SOP). “Itu memang standar penanganan dalam pemeriksaan. Tim yang ada di pintu masuk mengenakan APD semua,” ungkap Elfi Amir. *dar

loading...

Komentar