nusabali

Pemerintah Gratiskan Pelanggan Listrik 450 VA

  • www.nusabali.com-pemerintah-gratiskan-pelanggan-listrik-450-va

JAKARTA, NusaBali
Presiden Jokowi memutuskan untuk menggratiskan tarif listrik bagi pelanggan 450 VA (Volt Ampere) selama bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Kebijakan itu sebagai stimulus membantu pemulihan ekonomi masyarakat, saat pandemi Virus Corona jenis baru atau Covid -19.

“Tarif listrik pelanggan listrik 450 VA jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan selama tiga bulan ke depan,” kara Jokowi, melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3).

Selain itu Presiden Jokowi juga memutuskan memangkas tarif listrik sebesar 50 persen untuk pelanggan 900 VA, yang berjumlah sekitar 7 juta, juga pada April, Mei, dan Juni.

Pembebasan biaya listrik ini salah satu dari enam kebijakan bantuan pemerintah bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi di segmen bawah, menyusul tekanan akibat pandemi Covid-19.

Sebelumnya, anggota Komisi VII DPR RI Rofik Hananto juga meminta pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak dan tarif listrik guna meringankan beban masyarakat saat pandemi Covid-19.

Menurut Rofik, pemerintah perlu menurunkan harga BBM khusus penugasan, yakni Premium dan BBM bersubsidi jenis Solar dengan tetap memperhatikan tingkat keekonomiannya, dalam rangka menjamin akses masyarakat kalangan  bawah terhadap BBM tersebut.

“Pemerintah juga perlu menurunkan harga BBM nonsubsidi seperti Pertalite dan Pertamax yang  disesuaikan daya beli masyarakat saat ini dengan menjamin pasokan dan distribusinya," ujar Rofik.

Dia menuturkan saat ini harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) dan Brent  sudah di bawah 25 dolar AS per barel atau jauh dari sebelumnya yang di atas 50 dolar AS.

Rofik juga mengusulkan pemerintah memberikan kompensasi kepada kelompok masyarakat rentan seperti pekerja informal dan pekerja harian yang paling terdampak Covid-19  berupa penurunan tarif listrik untuk golongan 900 VA dan 1.300 VA. *ant

Komentar