nusabali

Dana Asing Rp 167 T Kabur dari RI

  • www.nusabali.com-dana-asing-rp-167-t-kabur-dari-ri

JAKARTA, NusaBali
Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang keluar saat merebaknya wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia mencapai Rp 167,9 triliun.

Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo, outflow (baca: kabur) itu terjadi pada periode 20 Januari-30 Maret 2020.
"Nah sebelum ada corona masih ada inflow. Tapi ketika ada virus itu outflow-nya besar. Di antaranya melalui surat berharga negara (SBN) Rp 153,4 triliun dan saham Rp 13,4 triliun," kata Perry, dalam video conference di Jakarta, Selasa (31/3).

Perry mengungkapkan secara year to date (ytd) terjadi outflow hingga Rp 145,1 triliun terdiri dari Rp 131, 1 triliun di SBN dan saham Rp 9,9 triliun. Dia menjelaskan virus corona ini memang terjadi sangat cepat di berbagai negara.

Menurut perry terjadi kericuhan di pasar keuangan membuat investor panik dan pergi meninggalkan pasar. Kepanikan yang membuat outflow, namun dengan stimulus fiskal dan stabilisasi bank sentral kepanikan tersebut sedikit mereda.

Lebih jauh Perry Warjiyo juga mengatakan, masih ada aliran modal asing masuk ke Indonesia (inflow), sebesar Rp 22,2 triliun melalui Pasar Surat Berharga Negara (SBN) yang dilelang pada hari Senin. Menurut Perry, aliran modal asing yang masuk menunjukkan keresahan investor di Pasar Modal mulai mereda. *

Komentar