nusabali

Musrenbang dengan Telekonferen

  • www.nusabali.com-musrenbang-dengan-telekonferen

BANGLI, NusaBali
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Bangli Tahun 2021 dilakukan dengan electronic meeting system di ruang media center Kantor Bupati Bangli, Selasa (31/3).

Musrenbang dibuka Bupati Bangli, I Made Gianyar. Musyawarah dengan telekonferen sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Acara ini dihadiri Ketua DPRD Bangli I Wayan Diar,  Sekda Ida Bagus Gede Giri Putra, dan sejumlah pimpinan OPD.

Bupati Made Gianyar mengungkapkan, musrenbang wajib dilaksanakan. “Sangat tepat musrenbang digelar melalui system e-meeting. Karena meskipun tidak berada dalam suatu tempat, proses musyawarah dapat dilaksanakan sesuai tujuan yang diinginkan,” tandasnya. Ditambahkan, prinsip dan asas manajemen harus menjadi pijakan dalam menatakelola pemerintahan. Saat ini adalah waktunya proses musrenbang RKPD yang sudah menjadi kesepakatan nasional.

Menurut Bupati Made Gianyar, intisari dari pembangunan itu adalah manusia, seluruh manusia dan manusia seutuhnya, termasuk di Bangli yang dibangun adalah sumber daya manusia. “Sehingga dapat dikatakan apapun bentuk dari pembangunan itu, sasaran atau tujuan akhirnya adalah IPM (indek pembangunan manusia),” ujarnya. Mengenai arah kebijakan di Kabupaten Bangli mengacu pada kelestarian alam dan sektor pertanian. "Secara spesifik mengenai pembangunan di Kabupaten Bangli yang menjadi prioritas tentunya harus di sektor pertanian. Pariwisata berorientasi pada pertanian, industri juga harus berorientasi pada pertanian,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara, I Putu Ganda Wijaya, mengatakan pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. Penyelenggaraannya paling lambat minggu ke-4 di bulan Maret. Dalam situasi pandemi Covid-19, panitia menyelenggarakan kegiatan musrenbang melalui media elektronik (e-meeting), sehingga semua pemangku kepentingan bisa terlibat dalam proses musrenbang RKPD Kabupaten Bangli Tahun 2021.

Program yang menjadi prioritas yakni peningkatan pendidikan, kesehatan, layanan sosial, pembenahan tata kelola objek pariwisata, peningkatan penanganan panen dan pasca panen produk pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani, meningkatan peranan dan fungsi adat istiadat; dan peningkatan pemerintahan yang demokratis, bersih, dan efisien. *esa

Komentar