nusabali

Bupati Mahayastra Tenangkan Warga Sekitar

Tinjau Lokasi Karantina ODP Corona di Bedulu

  • www.nusabali.com-bupati-mahayastra-tenangkan-warga-sekitar

GIANYAR, NusaBali
Guna mengantisipasi semakin mewabahnya kasus Covid-19 di Gianyar, Pemkab Gianyar telah menyiapkan tempat karantina untuk para ODP (orang dalam pengawasan) Corona.

Lokasi karantina di Gedung UPT Laboratorium Perlindungan Tanaman Perkebunan (LPTP), milik Pemprov Bali, Banjar Mas, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Terkait pemlihan lokasi tersebut, Bupati Gianyar Made Mahayastra, didampingi Kapolres Gianyar AKBP Dewa Made Adnyana, Wabup Gianyar AA Gde Mayun dan Sekdakab Gianyar Made Wisnu Wijaya, bertemu dengan para tokoh adat Banjar Mas, Desa Bedulu, di Ruang pertemuan Gedung UPT-LPTP, Selasa (31/3).

Bupati Mahayastra menjelaskan Gianyar cukup banyak memiliki pekerja migran Indonesia (PMI). Mereka pulang terkait merebaknya virus Covid-19 di negara tempat mereka mencari nafkah. Jika salah satu diantara mereka ada yang positif, tentu akan ada banyak ODP yang harus dipikirkan tempat karantinanya. Lokasi di Gedung UPT ini memiliki 11 kamar yang untuk sementara akan dimanfaatkan terlebih dahulu. “Tempat ini kami pilih karena ini milik pemerintah, kita optimalkan dulu asset milik pemerintah. Ini juga lebih mudah untuk memantaunya, mohon agar masyarakat mau bahu membahu, agar semuanya reda secepat mungkin. Apalagi Gianyar adalah daerah pariwisata, semua kena imbasnya,” kata Bupati Mahayastra.

Untuk warga yang ada di Banjar Mas maupun yang rumahnya berdekatan dengan lokasi karantina, Bupati mohon agar jangan cemas. Pihaknya akan memprioritaskan keamanan warga. Akan ada petugas medis yang berjaga, satpol PP maupun dari pihak kepolisian. Ini untuk memastikan agar para ODP ini tidak keluar berkeliaran, seperti ke warung misalnya. Semua kebutuhan akan disediakan sehingga mereka dijamin tidak akan keluar dari tempat karantina. Bupati juga memahami kecemasan warga, karena para ODP ini tidak kelihatan sakit, namun Bupati Mahayastra menjamin keamanan warga sekitar. Semuanya akan dikerahkan baik dari anggaran maupun regulasinya.

Bendesa Gede Desa Adat Wanayu Mas Ir Ida Bagus Made Parsa mengatakan dirinya maupun seluruh warga di Banjar Mas Desa Bedulu mendukung segala kebijakan dari Pemkab Gianyar. Hanya saja pihaknya juga minta Pemkab untuk menjamin keselamatan warga sekitarnya. Karena penularan Covid-19 cukup cepat, jadi warga sekitar cemas dengan dipilihnya lokasi karantina ini. Namun , menurut I.B Made Parsa, kini pihaknya bersama seluruh warga merasa aman dan ikhlas dipilihnya lokasi ini sebagai tempat karantina, karena sudah ada jaminan dari Pemkab. Gianyar akan kemanan warga sekitar. Dirinya juga menyadari penanganan Covid 19 ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga seluruh masyarakat.*nvi

Komentar