nusabali

Pemkab Badung Sudah Bentuk Satuan Relawan Gugus Tugas di Tiap Desa

Rapat Paripurna Virtual Saat Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-sudah-bentuk-satuan-relawan-gugus-tugas-di-tiap-desa

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah dan DPRD Kabupaten Badung untuk pertama kalinya menggelar rapat paripurna secara virtual melalui teleconference, dengan agenda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Badung tahun 2019, Selasa (31/3), di Ruang Sidang Utama Gosana DPRD.

Rapat dengan teleconference sebagai upaya memutus rantai pandemi virus Corona atau Covid-19. Untuk itu, Pemkab Badung sudah membentuk satuan relawan gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 di masing-masing desa dengan mengoptimalkan kinerja desa adat dan desa dinas.

Ketua DPRD Badung Putu Parwata memimpin rapat paripurna melalui teleconference didampingi Wakil Ketua I Wayan Suyasa dan I Made Sunarta. Sedangkan Bupati I Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati Ketut Suiasa, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Bappeda I Made Wira Dharmajaya, dan Kabag Humas Made Suardita. Meskipun rapat melalui teleconference, namun semua anggota dewan dan peserta menyimak dan mengikuti jalannya rapat di tempat yang berbeda.

Parwata menjelaskan, walaupun ada surat dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 700/1723/OTDA, tertanggal 24 Maret 2020, intinya perpanjangan waktu penyerahan LKPJ sampai dengan 31 April 2020, namun Kabupaten Badung sudah merampungkan pembahasan LKPJ tersebut. Dengan demikian, Dewan sangat mengapresiasi kinerja pemkab dalam melaksanakan perintah konstitusi meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19. “Kita rapat paripurna dengan agenda penyampaian LKPJ Bupati Badung secara online sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Kami sangat mengapresiasi agenda penyampaian LKPJ ini tepat waktu sesuai dengan amanat konstitusi,” kata Parwata.

Sementara Bupati Giri Prasta memaparkan LKPJ APBD Badung Tahun Anggaran 2019. Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini sangat mengapresiasi sinergi antara eksekutif dengan legislatif dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona karena hal ini memang harus dilakukan secara bersama-sama. “Kami Pemkab dan DPRD sangat mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 ini. Kami sangat mengapresiasi masyarakat Badung karena sudah sangat sadar dalam menyikapi kondisi saat ini. Kami juga sudah mendistribusikan disinfektan ke semua desa yang ada melalui kantor camat di seluruh wilayah Kabupaten Badung,” tambah Bupati Giri Prasta.

Dikatakannya, Badung sudah membentuk satuan relawan gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 di masing-masing desa dengan mengoptimalkan kinerja desa adat dan desa dinas. Bupati pun mengajak semua pihak untuk bergotong royong memutus rantai pandemi Covid-19, agar kondisi menjadi normal kembali sehingga masyarakat bisa beraktivitas secara aman dan nyaman lagi.

Sebelum pelaksanaan sidang paripurna, di pintu masuk semua peserta baik Bupati, Wakil Bupati, dan Ketua DPRD dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer. *asa

Komentar