nusabali

Dewan Rekomendasikan Dana Desa untuk Penanggulangan Covid-19

Rapat Paripurna LKPJ Bupati Badung Dilaksanakan Secara Virtual

  • www.nusabali.com-dewan-rekomendasikan-dana-desa-untuk-penanggulangan-covid-19

MANGUPURA, NusaBali
Rapat Paripurna DPRD Badung dengan agenda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Badung tahun 2019, Selasa (31/3), berlangsung di Ruang Utama Gosana, untuk kali pertama dilakukan secara virtual melalui teleconference.

Eksekutif hanya dihadiri Bupati Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati I Ketua Suiasa, Sekda I Wayan Adi Arnawa, dan Kepala Bappeda Made Wirya Darmajaya. Sementara Dewan yang hadir adalah Ketua DPRD I Putu Parwata, Wakil Ketua Wayan Suyasa dan Made Sunarta serta Sekwan Badung I Gusti Agung Made Wardika. Rapat paripurna yang dipimpin oleh Putu Parwata hanya berlangsung selama 30 menit.

Parwata mengatakan rapat paripurna melalui teleconference untuk membatasi pertemuan dengan melibatkan banyak orang, sesuai anjuran pemerintah pusat. “Jadi, walaupun di tengah wabah Covid-19, Pemkab Badung tetap melakukan laporan konstitusi secara tepat waktu kepada Dewan, sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah pusat. LKPJ Bupati ini selanjutnya akan kami bahas, termasuk memberikan rekomendasi terhadap usulan pembangunan anggaran di tahun 2020 yang sudah berjalan,” ujar Parwata.

Politisi asal Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, ini menyatakan kondisi keuangan Badung mengalami hambatan karena pandemi Covid-19. Untuk itu ada beberapa sikap yang mesti diambil, yakni penggunaan dana desa untuk penanganan Covid-19. Kemudian langkah-langkah karantina yakni mempersiapkan tenaga medis di masing-masing desa melalui puskesmas-puskesmas. “Kami juga sarankan pemberian sembako kepada warga bila terjadi karantina,” ucapnya.

Bupati Giri Prasta usai rapat paripurna mengucap syukur dapat melaporkan LKPJ tahun 2019 dengan lancar kendati harus dilaksanakan dengan cara teleconference. “Kegiatan ini tanpa mengurangi makna dan esensi yang ada,” paparnya.

Terkait penanganan Covid-19 di Badung, Bupati Giri Prasta menegaskan akan mengikuti arahan dari pemerintah pusat. Namun, andaikan terjadi karantina/lockdown, pihaknya siap membantu bahan pokok ke rumah-rumah warga.

Mengenai harapan Dewan agar menggunakan dana desa untuk penanganan Covid-19, Bupati Giri Prasta tak banyak memberikan komentar. Sebab, masih menunggu arahan dari pusat. Namun, andaikan sudah ada petunjuk, Badung siap melaksanakan. Bila perlu harus diatur dalam Perbup sebagai payung hukum, pihaknya siap mengeluarkan. *asa

Komentar