nusabali

Sutha AFI Garap Proyek Jingle

  • www.nusabali.com-sutha-afi-garap-proyek-jingle

JAKARTA, NusaBali
Juara Akademi Fantasi Indosiar (AFI) III Putu Sutha Nata Wijaya bersyukur masih memiliki pekerjaan yang dilakukan ditengah-tengah imbauan pemerintah untuk berada di rumah akibat pandemi virus corona.

Sebagai musisi yang tampil dari panggung ke panggung, otomatis Sutha sudah tak berativitas lagi di luar. Dia pun menggarap jingle di kediamannya yang terletak di Tangerang. "Saat ini, saya tidak manggung sama sekali. Tapi saya tetap bersyukur, karena setiap hari bisa mengerjakan orderan jingle di rumah," ujar Sutha kepada NusaBali, Selasa (31/3).

Jingle yang Sutha garap beraneka ragam. Ada jingle terkait supermarket, tempat makan maupun ice cream. Jingle tersebut ada yang langsung Sutha ciptakan, ada juga yang hanya dia nyanyikan. Semua proses Sutha kerjakan di rumah, termasuk rekaman.

Sutha sendiri kerap menyanyi di acara pernikahan maupun acara regular di cafe-cafe. Terakhir dia menyanyi di pernikahan adik dari group musik Nino RAN pada 15 Maret 2020 lalu. Setelah itu, dia tak manggung lagi. Namun, Sutha memiliki pekerjaan sampingan dengan membuat jingle.

Dia pun prihatin dengan musisi-musisi lain yang hanya mengandalkan tampil di panggung sebagai pemasukan. Sebab, mereka kena imbas langsung lantaran tidak bisa tampil dengan adanya virus corona tersebut. Sutha berharap, masalah ini segera berlalu.

"Mudah-mudahan kejadian ini cepat berlalu, karena musisi yang mengandalkan tampil dari panggung-panggung tidak ada pemasukan. Saya masih beruntung, punya pekerjaan menggarap jingle yang dikerjakan di rumah. Sementara pembuatan video klip belum dapat dilakukan, karena tidak bisa keluar, " papar Sutha.

Selain menggarap jingle, Sutha menggunakan waktu dengan menciptakan sejumlah lagu. Inspirasinya datang saat mengikuti anjuran Pemerintah, Work from home. Dia memberikan judul Stay. Lagu tersebut telah Sutha rekam dan dilengkapi dengan iringan musik.

Bahkan dia sempat mengunduhnya di jejaring sosial guna mengetahui reaksi dari masyarakat. Hasilnya banyak yang menyukai lagu tersebut. Namun dia belum punya rencana atas lagu itu untuk dibuat album.

"Karena lagunya belum selesai dan masih perlu di sempurnakan kembali. Lagu saya ciptakan minggu lalu. Saya membuatnya hanya sehari saja," imbuh Sutha. *k22

Komentar