nusabali

Latihan Peserta PKB Ditunda

  • www.nusabali.com-latihan-peserta-pkb-ditunda

BANGLI, NusaBali
Peserta Pesta Kesenian Bali (PKB) dari Bangli untuk sementara menunda kegiatan latihannya. Penundaan latihan menindaklanjuti instruksi pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Ada 16 sekaa sebagai perwakilan Kabupaten Bangli dalam PKB nanti.  Kepala Bidang Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangli, I Wayan Sudrawan, mengatakan pada PKB tahun ini ada 16 sekaa yang dilibatkan. Sekaa ini tersebar di seluruh kecamatan. Sebelumnya sekaa ini sudah melakukan beberapa kali latihan. Menurut Wayan Sudrawan, dari provinsi sudah menjadwalkan kegiatan pembinaan sekaa-sekaa yang akan tampil di PKB. “Kondisi seperti sekarang ini maka kegiatan latihan ataupun pembinaan ditunda. Sesuai instruksi pemerintah, agar tidak ada kegiatan melibatkan banyak orang,” ungkap Wayan Sudrawan, Senin (30/3).

Pemkab Bangli akan mengikuti 16 materi dalam PKB dengan alokasi dana sebesar Rp 1.330.000.000. Materi PKB dengan anggaran paling tinggi yakni gong kebyar. Lomba gong kebyar dewasa dengan anggaran Rp 300 juta, lomba gong kebyar anak-anak Rp 275 juta, dan gong kebyar wanita Rp 250 juta. Dikatakan, satu sekaa melibatkan puluhan orang. Jika latihan tetap dilaksanakan, dikhawatirkan mengancam keselamatan para peserta.

Diakui, jika sejumlah sekaa mempertanyakan pelaksanaan PKB. “Kami sudah koordinasikan dengan provinsi. Saat ini masih menunggu keputusan bapak Gubernur. Apakah PKB akan dilaksanakan sesuai jadwal atau diundur? Kami saat ini sifatnya hanya menunggu,” imbuhnya. Agendanya, pembukaan PKB dijadwalkan pada 14 Juni mendatang. Wayan Sudrawan mengungkapkan, perwakilan untuk peserta pawai PKB biasa ditampilkan dalam HUT Bangli. Ini sebagai bahan evaluasi kesiapan perwakilan Bangli. Melihat perkembangan situasi saat ini, kemungkinan HUT Bangli akan diundur. “Bapak Bupati ingin HUT Bangli digelar akhir tahun, sekaligus perayaan akhir tahun,” ujarnya. *esa

loading...

Komentar