nusabali

Cegah Covid-19, Bandara Ngurah Rai Terapkan Online Customer Service

  • www.nusabali.com-cegah-covid-19-bandara-ngurah-rai-terapkan-online-customer-service

Mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus Corona di fasilitas publik, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung membuat gebrakan baru.

MANGUPURA, NusaBali
Angkasa Pura I selaku pengelola mulai menerapkan online customer service (CS) pada Senin (30/3). Penerapan itu bagian dari upaya sosial distancing dan physical distancing di tengah pandemi Covid-19.  General Manager Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado menerangkan penyediaan layanan online customer service merupakan bagian dari implementasi social distancing dan physical distancing dalam upaya meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 di lingkungan bandara. Mekanismenya pun sama seperti operasional customer service umumnya. Namun penumpang yang ingin bertanya tidak lagi bertatap muka secara langsung dengan petugas, melainkan dengan interaksi melalui layar yang disediakan di customer service counter.

“Tidak ada perjumpaan atau tatap muka langsung, semuanya melalui layar monitor,” tutur Herry, Senin (30/3).

Menurut Herry, nantinya petugas customer service yang semula bertugas memberikan layanan informasi kepada pengguna jasa bandara di gerai customer service, kini ditempatkan secara terpusat di Airport Operation Control Center (AOCC) dengan layanan yang dioperasikan berbasis teleconference. Saat ini, layanan online customer service telah tersedia di lima titik di terminal penumpang, yaitu pada lobi Terminal Keberangkatan Internasional, lobi Terminal Kedatangan Internasional, ruang tunggu Terminal Keberangkatan Internasional, area check-in counter Terminal Keberangkatan Domestik, serta ruang tunggu Terminal Keberangkatan Domestik. “Saat ini baru ada 5 titik untuk CS online ini,” kata Herry.

Untuk waktu penerapan layanan ini akan dilakukan hingga nanti situasi telah dianggap membaik. Untuk membantu memberikan kemudahan bagi para penumpang dalam menggunakan layanan ini, telah disediakan panduan penggunaan layanan pada layar monitor TV yang berada di gerai customer service. Dengan adanya layanan ini, pengelola bandar udara berharap seluruh pengguna jasa dapat lebih merasa aman dan nyaman, namun tanpa mengurangi kualitas layanan.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa bandar udara untuk mengikuti aturan yang ada guna pencegahan penyebaran Covid-19, seperti menerapkan social distancing dan physical distancing di area bandar udara, penggunaan hand sanitizer, serta penerapan pola hidup bersih demi keamanan dan kenyamanan bersama,” ujar Herry. *dar

Komentar