nusabali

Lockdown di Lapas Kerobokan Diperpanjang

  • www.nusabali.com-lockdown-di-lapas-kerobokan-diperpanjang

MANGUPURA, NusaBali
Setelah melakukan lockdown selama dua pekan dengan tidak menerima kunjungan keluarga atau kerabat warga binaan, Lapas Kelas IIA, Kerobokan, Kuta Utara akhirnya memutuskan memperpanjang masa lockdown hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kalapas Kerobokan, Yulius Sahruzah yang dikonfirmasi Senin (30/3) mengatakan langkah ini diambil karena sampai saat ini belum ada tanda-tanda wabah virus corona (Covid-19) berakhir. “Karena situasi belum kondusif, maka peniadaan kunjungan keluarga warga binaan kami perpanjang,” tegas Yulius.

Pejabat asal Palembang, Sumatera Selatan ini menegaskan perpanjangan ini dilakukan sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Pihaknya akan terus memantau situasi hingga benar-benar normal kembali. “Ini semata-mata untuk melindungi warga binaan,” tegasnya.

Rencananya masa perpanjangan ini akan diumumkan kepada warga binaan dan keluarganya pada hari ini. Pengumuman akan ditempelkan di dalam lapas. “Kami juga akan membuat banner pengumuman untuk keluarga warga binaan di luar Lapas,” lanjutnya.

Meski berat, namun Yulius mengatakan jika warga binaan dan keluarga tidak keberatan dengan kebijakan yang diambil ini. Sebagai gantinya, keluarga warga binaan bisa menitipkan barang atau mekanan melalui petugas. Selain itu juga disediakan fasilitas khusus video call untuk warga binaan. “Jadi warga binaan bisa video call melalui beberapa laptop di ruangan yang sudah disediakan. Nanti keluarga yang mau video call harus daftar dulu,” lanjutnya.

Fasilitas lainnya yang disiapkan yaitu televisi agar warga binaan juga bisa memantau situasi akibat Covid-19 ini. Sementara untuk langkah preventif, pihaknya menyediakan handsanitizer atau penyanitasi tangan yang ditempatkan di beberapa sudut Lapas. Pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. *rez

loading...

Komentar