nusabali

Hari Bipolar Sedunia, Komunitas Teman Baik Bikin Talkshow Daring

  • www.nusabali.com-hari-bipolar-sedunia-komunitas-teman-baik-bikin-talkshow-daring

Awalnya talkshow ini berencana digelar langsung di Rumah Sanur, Kota Denpasar.

DENPASAR, NusaBali
Hari Bipolar Sedunia dirayakan setiap 30 Maret. Untuk memperingatinya, komunitas pemerhati kesehatan jiwa, Teman Baik bakal menggelar talkshow 'Nyaman Hidup dengan Bipolar'.

Talkshow ini diselenggarakan secara daring melalui laman Instagram mereka, yakni @berteman_baik. Awalnya talkshow ini berencana digelar langsung di Rumah Sanur, Kota Denpasar. 

"Tapi kondisi menjadi tidak memungkinkan dengan adanya imbauan di rumah aja dan physical distancing," ujar salah satu founder Teman Baik, Lakshmi Anindhita. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat mereka. 

"Kami mengubah formatnya menjadi Kuliah WhatsApp (kulwap) siangnya, dan siaran langsung di Instagram sorenya," tutur Anindhita. Untuk menggelar ini mereka turut serta menggandeng Komunitas Bipolar Bali.

Talkshow akan menghadirkan Yohanes Herdiyanto, Praktisi Psikologi Sosial yang juga Ketua KPSI Simpul Bali; psikiater Yudhi Kurniawan; Lakshmi Anindhita, penyintas bipolar disorder; dan Vety dari Komunitas Bipolar Bali sebagai pembicara.

Mereka menargetkan pendengar yang merupakan Orang Dengan Bipolar (ODB), caregiver ODB, serta masyarakat umum. "Tujuannya adalah meningkatnya edukasi ke masyarakat seputar bipolar lalu menambah pengetahuan untuk ODB," katanya.

"Nantinya perbincangan seputar bagaimana hidup nyaman dengan bipolar dan juga sosialisasi komunitas. Ada lho komunitas bipolar di Bali, peran komunitas cukup besar dalam pemulihan ODB," tambah Anindhita.*

Komentar