nusabali

Cegah Corona, Napi Tabanan Bakal Jalani Sidang Online

  • www.nusabali.com-cegah-corona-napi-tabanan-bakal-jalani-sidang-online

TABANAN, NusaBali
Mencegah penyebaran Covid-19 di lembaga pemasyarakatan (lapas), Narapidana (Napi) Lapas Kelas II B Tabanan bakal menjalani sidang online.

Hal tersebut dilakukan menyusul usulan Kalapas Tabanan I Putu Murdiana sebagai upaya agar Covid-19 tak masuk lapas.


Menurut Kalapas Murdiana, napi harus steril dari virus Corona. Apabila 1 orang terkena virus Corona, maka dalam hitungan menit seluruh narapidana bisa tertular. Hal ini dapat terjadi karena overcrowding Lapas Tabanan yang mencapai 300 persen atau dihuni oleh 197 orang.

Dengan kondisi yang berdesakan, maka virus Corona dengan mudah dapat menyebar dan menular ke seluruh penghuni lapas. “Untuk itu, terkait dengan sidang kami usulkan untuk sidang online,” ungkapnya, Minggu (29/3).

Terkait usulan tersebut, Lapas Tabanan telah bersurat dan berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Tabanan dan Kejaksaan Negeri Tabanan. “Hal ini kami lakukan karena para tahanan tidak kami izinkan keluar untuk mengikuti sidang, karena dikhawatirkan dampak virus Corona,” tegas Kalapas Murdiana.

Menurut Kalapas Murdiana, setelah berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Tabanan dan Kejari Tabanan disetujui sidang dilakukan secara online. Bahkan Senin (30/3) akan dilakukan simulasi agar pelaksanaan sidang berjalan lancar. “Rencananya sidang online akan menggunakan aplikasi zoom,” tandasnya.

Ditambahkan, sampai saat ini ada 58 orang tahanan yang akan mengikuti sidang, dengan jadwal yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar proses hukum dapat berjalan lancar supaya kepastian hukum para tahanan dapat terwujud.

Sementara berbagai upaya telah dilakukan Lapas Tabanan agar penyebaran virus tidak terjadi di lapas. Selain mengisolasi tahanan dan meniadakan kunjungan keluarga, penyemprotan disinfektan rutin dilakukan setiap hari. “Kami juga menyediakan bak cuci tangan, hand sanitizer,  bilik sterilisasi atau chamber disinfectan serta menyediakan masker dan APD untuk petugas,” tutur Kalapas Murdiana. 8des

Komentar