nusabali

Diduga Korsleting Listrik, 3 Gedong di Pura Tuguan Terbakar

  • www.nusabali.com-diduga-korsleting-listrik-3-gedong-di-pura-tuguan-terbakar

DENPASAR, NusaBali
Peristiwa kebakaran menimpa atap 3 buah gedong di Pura Tuguan, di Jalan Sekar, Banjar Tangun Titi, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, pada Minggu (29/3) sekitar pukul 12.00 Wita.

Kebakaran yang menimpa tiga tempat pada bangunan tempat ibadah itu diduga akibat korsleting listrik yang dialiri pada masing-masing gedong tersebut.  Tiga buah gedong yang dilalap api kemarin yakni Gedong Agung, Gedong Pemade, dan Gedong Pemayun. Untungnya peristiwa itu cepat diketahui oleh warga sekitar. Api pun segera bisa dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran Kota Denpasar dikerahkan ke TKP, sehingga api tidak merembet ke bangunan lain ataupun rumah warga sekitar.

Salah seorang saksi mata di TKP bernama Nengah Sukarwa, 53, menyebutkan awalnya dia melihat asap mengepul pada atap gedong dari rumahnya berjarak sekitar 100 meter. Penasaran dengan hal itu, Nengah Sukarwa mendatangi pura tersebut. Ternyata terjadi peristiwa kebakaran pada tiga gedongan Diapun bergegas memberitahu masyarakat di sekitar bahwa terjadi kebakaran.

"Tadi saya sedang minum kopi di lantai II rumah saya. Saya melihat asap mengepul. Saya curiga dengan asap itu lalu saya datang ke lokasi. Ternyata kecurigaan saya terjadi kebakaran benar. Saat saya tiba, api sudah membakar atap ketiga gedong. Saya langsung memanggil warga melakukan pemadaman secara manual. Untungnya direspons cepat oleh petugas pemadam," tutur Nengah Sukarwa.

Dikonfirmasi terpisah, Kasubbag Humas Polresta Denpasar, Iptu I Ketut Sukadi mengatakan, kebakaran itu sudah diatasi tim pemadam kebakaran Kota Denpasar. Dugaan sementara kebakaran itu terjadi akibat korsleting listrik. Dugaan itu karena tiap gedong dialiri listrik untuk lampu penerang. Tidak ada korban jiwa. Sementara kerugian materi belum bisa ditaksir.

"Tim Pemadam Kota Denpasar tiba di TKP sekitar pukul 12.30 Wita. Api langsung bisa dijinakkan. Tetapi untuk memastikan api benar-benar telah mati mengingat yang terbakar adalah atap ijuk tim padam menunggu di TKP hingga pukul 14.00 Wita. Tiga gedong itu hanya bagian atapnya saja yang terbakar," kata Ketut Sukadi, kemarin sore. *pol

loading...

Komentar