nusabali

Wow, Bupati Gianyar Berikan Insentif Miliaran Sebulan untuk Tenaga Medis dan Paramedis yang Tangani Covid-19

  • www.nusabali.com-wow-bupati-gianyar-berikan-insentif-miliaran-sebulan-untuk-tenaga-medis-dan-paramedis-yang-tangani-covid-19

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar memberikan perhatian lebih bagi tenaga medis dan paramedis yang bertugas menangani kasus Corona Virus Disease (Covid-19) di Gianyar.

Bupati Made Agus Mahayastra telah menyiapkan dan akan memberikan insentif miliaran rupiah sebulan untuk pada dokter spesialis, dokter, perawat, petugas cleaning servis, hingga sopir ambulans yang bertugas menangani Covid-19. Hal itu diungkapkan dalam video conference, Sabtu (28/3) siang.

Bupati Mahayastra mengatakan, insentif tersebut sudah sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan bagi tenaga medis dan paramedis. Untuk dokter spesialis diberikan Rp 15 juta per bulan, dokter Rp 7,5 juta, perawat Rp 5 juta, paramedis seperti cleaning service dan sopir ambulans diberikan Rp 2,5 juta. Intensif ini mulai diterima per 1 April 2020.

Selain menerima insentif, petugas medis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 di Gianyar juga diberikan kamar gratis di Hotel Gianyar di Jalan Manik, sebelah utara SMPN 1 Gianyar. “Kita sudah menjalin MoU dengan pihak hotel, sebanyak 30 kamar bisa ditempati untuk petugas medis yang menangani Covid-19,” jelasnya.

Fasilitas kamar gratis ini diberikan dengan maksud agar tenaga medis dan paramedis bisa beristirahat dan melakukan karantina mandiri jika mereka merasa segan pulang ke rumah. “Semua biaya Pemkab yang tanggung, mulai hari ini kamarnya sudah bisa dipakai, siap hingga 30 kamar," jelasnya.

Sementara itu, Pemkab Gianyar juga menyiapkan lokasi karantina bagi warga Gianyar yang termasuk kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19. Terutama bagi warga yang punya riwayat perjalanan atau bekerja di luar negeri, maupun luar daerah. “Tempat karantina kita siapkan di UPTD Lab Perkebunan milik provinsi Bali di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh. Sudah seizin Gubernur,” jelasnya.

Di lokasi karantina ini, katanya ada 11 kamar yang bisa ditempati. “Kamarnya baru, tidak kalah dari hotel, ada fasilitas lengkap, kamar mandi, lapangan untuk olah raga. Bisa untuk karantina sekeluarga, bisa juga mandiri," kata Mahayastra.nvi

loading...

Komentar