nusabali

Liga Terancam Berhenti

PSSI Tetapkan Status Force Majeure

  • www.nusabali.com-liga-terancam-berhenti

Apabila Pemerintah RI memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana setelah 29 Mei 2020 dan/atau PSSI memandang situasi belum cukup ideal untuk melanjutkan kompetisi, maka kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 akan dihentikan.

JAKARTA, NusaBali
Akibat wabah virus Corona, kompetisi sepakbola di Indonesia terancam berhenti atau dibatalkan. Ya, PSSI melalui Surat Keputusan bernomor 48/SKEP/III/2020 menetapkan kondisi terhentinya aktivitas sepakbola Indonesia sebagai force majeure.

PSSI pun memutuskan menunda Liga 1 2020 dan Liga 2022 hingga 1 Juli 2020. Namun juga berpotensi tidak melanjutkan kompetisi jika status keadaan tertentu darurat bencana diperpanjang oleh pemerintah.

Melalui surat yang ditandatangani Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, federasi sepak bola Indonesia itu mengambil enam poin keputusan. Keputusan paling utama, yakni penetapan status force majeure yang tertuang pada poin pertama.

"PSSI menetapkan bahwa Maret, April, Mei, dan Juni 2020 adalah status keadaan darurat bencana terkait penyebaran Covid-19 di Indonesia, maka status ini disebut keadaan Kahar (Force Majeure)," bunyi petikan surat PSSI tertanggal 27 Maret 2020 itu.

PSSI pun menunda gelaran kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sampai 29 Mei 2020, seperti tertuang dalam surat keputusan BNPB nomor 13A yang menetapkan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus Corona di Indonesia hingga 29 Mei 2020.

Kemudian ada dua kemungkinan yang dapat terjadi, yaitu Liga 1 2020 dan Liga 2 bakal digelar kembali setelah 1 Juli 2020, dengan kondisi jika status darurat tersebut tidak diperpanjang oleh Pemerintah Indonesia, atau kompetisi benar-benar dihentikan jika memang status darurat tersebut akan kembali diperpanjang.

"Apabila status keadaan tertentu darurat bencana tidak diperpanjang oleh Pemerintah RI, maka PSSI menginstruksikan PT Liga Indonesia Baru untuk dapat melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 terhitung setelah 1 Juli 2020," bunyi poin keempat dalam keputusan PSSI itu.

"Apabila Pemerintah RI memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana setelah 29 Mei 2020 dan/atau PSSI memandang situasi belum cukup ideal untuk melanjutkan kompetisi, maka kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 akan dihentikan," bunyi poin kelima dalam putusan PSSI. *

loading...

Komentar