nusabali

Karya Bhatara Turun Kabeh Desa Muncan Diundur

  • www.nusabali.com-karya-bhatara-turun-kabeh-desa-muncan-diundur

AMLAPURA, NusaBali
Bendesa Adat Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Jro Gede Suwena Putus Upadesa pimpin paruman atau rapat adat membahas pelaksanaan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Bale Catuspata, Banjar Gede, Desa Muncan, Kamis (26/3).

Paruman memutuskan pelaksanaan Karya Bhatara Turun Kabeh diundur dari Anggara Pon Merakih, Selasa (7/4) ke Purnama Kalima pada Saniscara Kliwon Krulut, Sabtu (31/10) mendatang. Karya bisa digelar jika situasi sudah aman.  

Jro Gede Suwena Putus Upadesa mengatakan, seluruh persiapan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh telah tuntas. Dengan adanya putusan paruman, seluruh rangkaian upacara ditiadakan. Semula Nuur Ida Bhatara Tirtha diagendakan pada Soma Kliwon Krulut, Senin (30/3). Melasti ke Segara Klotok, Klungkung, padaa Buda Paing Krulut, Rabu (1/4). “Semuanya itu batal terlaksana demi kenyamanan dan keselamatan umat sedharma. Apalagi ada instruksi Gubernur Bali agar tidak ada aktivitas melibatkan banyak krama, tidak ada kerumunan krama melebihi 25 orang untuk mencegah menyebarnya penularan virus corona,” jelas Jro Gede Suwena Putus Upadesa.

Hasil paruman dilaporkan kepada Yajamana Karya Ida Pedanda Gede Putu Manduang dan Wiku Tapini Ida Pedanda Istri Rai dari Geria Gunung Biau, Desa Muncan, Kecamatan Selat. Menurut Jro Gede Suwena Putus Upadesa, rangkaian upacara selanjutnya menggelar guru piduka di Pura Puseh, Saniscara Kliwon Krulut, Sabtu (4/4) dan melaksanakan guru piduka di linggih catuspata pada Anggara Pon Merakih, Selasa (7/4). “Karya Ida Bhatara Turun Kabeh diundur bertepatan Usaba Bantal pada Purnama Kalima,” jelas mantan Bendesa Agung MUDP Bali ini. *k16

Komentar