nusabali

Mobil Damkar Dirancang Jadi Penyemprot Disinfektan

  • www.nusabali.com-mobil-damkar-dirancang-jadi-penyemprot-disinfektan

NEGARA, NusaBali
Guna memaksimalkan penyemprotan disinfektan sebagai upaya penanggulangan Covid-19, Pemkab Jembrana berencana memanfaatkan salah satu mobil pemadam kebakaran (Damkar) di Satpol PP Jembrana.

Salah satu armada Damkar yang dipersiapkan memiliki fitur penyemprotan dari sekeliling bodi. Sehingga bisa lebih efektif ketika digunakan menyemprotkan disinfektan di jalan umum.


Fitur penyemprotan dari sekeliling bodi salah satu armada damkar itu pun tampak khusus diujicobakan di jalan seputaran depan Markas Satpol PP Jembrana, Jumat (27/3) sore. Tampak saat uji coba menggunakan air tersebut, fitur penyemprotan dari sekeliling bodi yang sejatinya berfungsi sebagai pelindung mobil ketika hendak menerobos kebakaran itu, berfungsi cukup baik. “Tadi diujicoba dulu, karena fiturnya itu jarang dimanfaatkan. Secara umum, berfungsi cukup baik,” ujar Plt Kasat Pol PP Jembrana, I Gusti Putu Ngurah Darma Putra, Jumat kemarin.

Menurutnya, dari enam unit Damkar di Satpol PP Jembrana, sebenarnya ada dua unit yang memiliki  fitur penyemprotan dari sekeliling bodi tersebut. Namun hanya satu yang dipersiapkan menjadi armada penyemprot disinfektan. Mengingat armada lainnya, juga harus tetap siaga ketika terjadi kebakaran. “Kalau menyemprot pakai selang, semuanya bisa. Tetapi kalau yang bisa menyemprot keliling itu, tidak semua. Tentunya itu lebih bagus, karena sambil jalan, bisa semua sisi sekalian disemprot,” ucapnya.

Meski tampak berfungsi cukup baik saat uji coba kemarin, Darma Putra mengaku, perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut terhadap fitur penyemprotan dari sekeliling bodi tersebut. Pasalnya, fitur khusus itu hampir tidak  pernah digunakan.  “Sebenarnya ini inisiatif kita mempersiapkan. Jadi kalau memang dibutuhkan Satgas Penangulanggulangan Covid-19, kita sudah siap. Tetapi sementara ini, masih akan dicek dulu seluruh komponen penyemprotan air di bodinya itu,” pungkasnya. *ode

loading...

Komentar