nusabali

Ogoh-ogoh Desa Tegak Raih Juara I

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-desa-tegak-raih-juara-i

Lomba Ogoh-ogoh se Kabupaten Klungkung

SEMARAPURA, NusaBali

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Klungkung, mengumumkan pemenang Lomba Ogoh-Ogoh Tingkat Kabupaten Klungkung, Jumat (27/3). Empat nominasi juara lomba berhasil direbut oleh empat kecamatan di Kabupaten Klungkung.

Juara I diraih oleh Ogoh-ogoh perwakilan dari Desa Tegak, Kecamatan Klungkung, dengan nilai 293. Juara II diraih Ogoh-ogoh garapan ST Catur Warga, Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan, dengan  nilai 279. Juara III Ogoh-ogoh dari perwakilan Desa Sulang, Kecamatan Dawan, dan Juara Harapan I diraih Ogoh-ogoh garapan Karang Taruna Giri Santi Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida.

"Hasil pengumuman pemenangnya sudah kami kirim ke peserta. Untuk hari atau tanggal penyerahan hadiahnya akan ditentukan lebih lanjut," ujar Kabid Kesenian Disbudpora Klungkung I Komang Sukarya, Jumat (27/3).

Kata Sukarya, Lomba Ogoh-ogoh di Kabupaten Klungkung tetap dilaksanakan tahun ini. Namun Ogoh-ogoh yang dilombakan tidak diarak dan diiringi fragmentary. Karena lomba serangkaian penyambutan Nyepi Tahu Baru Saka 1942 ini di tengah wabah virus Corona atau Covid-19. Sehingga untuk penilaian hanya meliputi bentuk dari Ogoh-ogoh dan garapan ide dari masing-masing peserta.

“Kami sudah keliling menilai semua peserta di masing-masing desa pada Sabtu (21/3),” ujarnya. Seharusnya, lanjut Sukarya, sesuai jadwal Lomba Ogoh-ogoh ini digelar di depan Puri Agung Klungkung, 21 Maret 2020.

Meskipun tidak diarak serta diiringi fragmentari, bagi peserta yang meraih juara tetap mendapatkan haknya sesuai kesepakatan awal. Begitu juga uang pembinaan kepada semua peserta juga sudah diberikan. Dengan rincian dana pembinaan peserta di Klungkung Daratan masing-masing peserta Rp 12 juta, di Nusa Penida Rp 17 juta. Hadiah juara I Rp 18 juta, juara II Rp 15 juta, juara III Rp 12 juta dan harapan I Rp 10 juta. *wan

loading...

Komentar