nusabali

Fasilitas Internet Gratis di Balai Banjar Dinonaktifkan

  • www.nusabali.com-fasilitas-internet-gratis-di-balai-banjar-dinonaktifkan

MANGUPURA, NusaBali
Fasilitas internet gratis yang disiapkan Pemkab Badung, khususnya yang ada di banjar-banjar dinonaktifkan atau dimatikan untuk sementara waktu.

Keputusan ini diambil dalam upaya mencegah kerumunan warga yang ingin menggunakan fasilit internet gratis tersebut untuk berbagai keperluan.


“Iya, mulai hari ini (kemarin), kami sudah putuskan menonaktifkan dulu semua jaringan internet yang ada di balai banjar se-Badung. Semua ini untuk mengurangi kerumunan orang di balai banjar,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Badung IGN Gede Jaya Saputra, Jumat (27/3) kemarin.

“Sementara kebijakan yang kami buat seperti itu. Sebab, ini untuk mengurangi aktifitas berkumpul warga. Semua ini juga untuk sesuai dengan Maklumat Kapolri,” tegasnya kembali.

Walau demikian, kebijakan menonaktifkan internet gratis yang ada di balai banjar tersebut hanya bersifat sementara. Bila kasus virus Corona atau Covid-19 sudah mereda, maka internat gratis akan dihidupkan kembali. “Sewaktu-waktu bisa dinormalkan kembali berdasarkan perkembangan di lapangan,” tegas mantan Camat Mengwi itu.

Disinggung apakah kebijakan serupa juga akan diterapkan untuk jaringan internet gratis yang ada di sekolah, puskemas, dan tempat strategis lainnya, Jaya Saputra menegaskan untuk saat ini keputusan sebatas yang ada di balai banjar saja. “Layanan publik seperti pusat kesehatan, pendidikan sampai tingkat desa  keamanan, dan pusat pemerintahan tetap hidup,” tandasnya.

“Seperti yang saya tergaskan, kebijakan ini hanya bersifat sementara. Kami menindaklanjuti imbauan dari Gubernur maupun Bupati untuk tidak membuat kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang. Jadi ini juga sebagai langkah antisipasi kami untuk mencegah penyebaran virus,” imbuh Jaya Sapura.

Terkait jumlah internet gratis yang akan dinonaktifkan, Jaya Saputra mengungkapkan totalnya sebanyak 550 site, dari total yang ada sebanyak 987 site.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Badung telah menuntaskan pemasangan jaringan internat gratis tahun 2018. Sedikitnya ada 1.074 akses poin dan 988 titik internet yang tersebar di kawasan Badung. Pemasangan internet gratis menyasar semua banjar, desa, sekolah SD maupun SMP negeri, puskesmas pembantu dan puskesmas, kantor camat, dan bahkan objek wisata yang sudah ditetapkan Pemkab Badung. *asa

loading...

Komentar