nusabali

Rekomendasi Turun, Paket Suta Galang Koalisi

Corona Mewabah, Sedana Arta Belum Mau Bicara Pilkada

  • www.nusabali.com-rekomendasi-turun-paket-suta-galang-koalisi

Paket Suta akan mengintensifkan komunikasi dengan partai yang ada di DPRD, seperti Demokrat, Hanura, NasDem, Gerindra dan PKPI.

BANGLI, NusaBali

Rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk Cabup-Cawabup Bangli di Pilkada 2020 sudah turun, yakni untuk pasangan I Made Subrata dan Ngakan Made Kutha Parwata (Paket Suta). SK penetapan sementara rekomendasi Cabup-Cawabup ini diserahkan Plt Ketua DPD II Golkar Bangli, Gusti Made Winuntara kepada pasangan Suta di kantor DPD II Golkar Bangli, Jumat (27/3). Dengan turunnya SK ini Paket Suta siap tingkatkan pergerakan politik.

Cawabup, Ngakan Kutha Parwata, mengatakan agenda saat ini salah satunya, yakni melakukan penjajakan untuk membangun koalisi dengan partai politik lain, tentunya di luar PDIP. “Sesuai amanah dalam  rekomendasi kami memiliki tugas untuk menjalin komunikasi dengan partai politik lain baik yang memiliki perwakilan di DPRD atau dengan partai yang belum mendapat kursi di legislatif,” ungkapnya.

Politisi asal Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku ini mengatakan untuk jalinan komunikasi baru sebatas personal. Kemudian dengan turunnya SK ini, pihaknya mendapat keleluasaan untuk membangun komunikasi dengan partai politik lain. “Jika sebelumnya masih ngambang sekarang kami bisa bergerak karena dalam SK telah disebutkan kami selaku kandidat bisa berkomunikasi baik internal maupun eksternal,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ngakan Kutha Parwata akan mengintensifkan jalinan komunikasi dengan partai yang ada perwakilan di DPRD, seperti Demokrat, Hanura, NasDem, Gerindra dan PKPI. Sedangkan di luar itu ada Partai Perindo, PSI, Partai Berkarya dan lainnya. “Tentu dalam menjalin komunikasi kami bersama dengan DPD II Golkar dan fraksi, bagaimana pun kami berada di bawah naungan Partai Golkar,” sambungnya.

Di sisi lain melihat kondisi saat ini, yakni mewabahnya virus Corona (Covid-19), Ngakan Kutha mengatakan untuk sementara pergerakan politik ditekan dulu. “Cooling down dulu, melihat situasi seperti saat ini. Sementara ini kami akan melakukan kegiatan berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus corona. Bersama masyarakat melakukan kegiatan antisipasi,” ujar mantan Ketua DPRD Bangli periode 2014-2019 ini.

Disinggung statusnya yang masih ber-KTA PDIP, Ngakan Kutha Parwata tidak menampik hal tersebut. Namun demikian bila KTA (Kartu Tanda Anggota) tersebut akan ditarik dia tidak mempermasalahkan. “Kalau diminta segera akan saya kembalikan, jika tidak biarkan sebagai kenang-kenangan,” sebutnya.

Ngakan Kutha sendiri mengaku hingga saat ini belum ada komunikasi dengan PDIP yang menaunginya selama ini. Dia merasa sebagai kader senior, namun sudah tidak terpakai. Sementara itu, Plt Ketua DPD II Golkar Bangli, Gusti Made Winuntara, mengatakan SK DPP Golkar bertujuan memberikan tugas kepada kandidat untuk melakukan komunikasi dengan masyarakat, maupun partai politik lainnya. “Meski baru ditetapkan sementara, namun kandidat ini memiliki tugas dan itu sudah tertuang dalam SK,” ujarnya.

Kemudian terkait langkah usai turun SK rekomendasi sementara, kata Gusti Winuntara saat ini pihaknya fokus dalam pencegahan virus corona. “Kita sama-sama berjuang untuk pencegahan virus corona,” imbuhnya. Terpisah Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, mengatakan seluruh  kader PDIP siap mengamankan rekomendasi dari Ketua Umum PDIP Megawati  Soekarnoputri. Sesuai arahan pusat, untuk saat ini masih fokus dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

“Belum ada rapat untuk membahas kaitannya dengan kader yang menyeberang, fokus utama saat ini adalah masalah pencegahan penyebaran virus Corona,” ungkap Sang Nyoman Sedana Arta, kandidat kuat Cabup Bangli di Pilkada 2020 dari PDIP.

Disinggung strategi mengamankan suara di Kecamatan Kintamani dan Tembuku yang notabene calon yang diusung berasal dari dua kecamatan tersebut, Sang Nyoman Sedana Arta mengaku di tengah kondisi negeri yang masih berjuang melawan penyebaran virus corona, maka pihaknya belum membicarakan Pilkada. “Mudah-mudahan penyebaran virus dapat ditekan dan situasai kembali normal seperti sediakala,” ungkapnya.

Untuk upaya pencegahan, semua temam-teman di Fraksi bersama relawan dan tokoh masyarakat di desa telah turun melakukan penyemprotan disinfektan. “Instruksi dari pusat kami jabarkan dengan melakukan penyemprotan dengan menggandeng tokoh masyarakat,” sebut Sang Nyoman Sedana Arta. *esa

Komentar